Rauhanda Riyantama
Pemain Barcelona, Alexia Putellas menyabet Ballon d'Or Wanita 2021 di Theater du Chatelet di Paris pada 29 November 2021. (FRANCK FIFE / AFP).

Bolatimes.com - Alexia Putellas yang kini berseragam Barcelona berhasil menyabet trofi Ballon d'Or 2021 kategori wanita. Ia dinobatkan sebagai pesepak bola wanita terbaik pada acara penghargaan Ballon d'Or 2021 di Theater du Chatelet di Paris, Selasa (29/11/2021).

Ia mengalahkan dua nominasi lain yakni Jennifer Hermoso (Barcelona) dan Sam Kerr (Chelsea). Penghargaan ini menjadi yang pertama bagi pemain Barcelona wanita tersebut.

Torehan ciamik Alexia Putellas membawanya meraih trofi Ballon d'Or Wanita 2021. Ia mengantarkan Barcelona Femeni meraih treble winner di La Liga, Copa de la Reina dan Liga Champions.

Baca Juga:
Komentar Lionel Messi usai Sabet Ballon d'Or Ketujuh

Pemain berusia 27 tahun itu mecatatkan 26 gol dan menjadi pencetak gol terbanyak musim 2020-2021. Salah satu penampilan apiknya terjadi di Liga Champions, ketika Barcelona menumbangkan Chelsea 4-0.

Ia menjadi pesepak bola perempuan ketiga yang meraih gelar Ballon d'Or kategori wanita yang baru diselenggarakan sejak 2018. Sebelumnya trofi itu disabet oleh penyerang Norwegia Ada Hegerberg (2018), dan penyerang Amerika Serikat, Megan Rapinoe (2019).

Alexia Putellas. (Alexiaps94/@Instagram)

Sebelum meraih Ballon d'Or 2021, Alexia Putellas lebih dulu mendapat anugerah pemain wanita terbaik UEFA 2021 pada September lalu. 

Baca Juga:
Alexia Putellas Raih Ballon d'Or Wanita 2021, Eks Real Madrid Ikut Senang

Terpilihnya wanita berusia 27 tahun ini tak lepas dari perannya sebagai gelandang yang membawa Barcelona menjuarai Liga Champions wanita musim 2020-2021.

Perjalanan Alexia Putellas di lapangan hijau tak begitu banyak diketahui orang. Berikut kami sajikan profil dari wanita asal Catalan tersebut.

Perjalanan Karier Alexia Putellas

Baca Juga:
Tak Hadir di Gala Ballon d'Or 2021, Ronaldo ke Mana?

Alexia Putellas Segura lahir pada 4 Februari 1994 di Barcelona. Lahir dan tumbuh di Catalan menjadikannya seorang suporter Blaugrana sejak kecil.

Saat kecil, Putellas kerap diajak sang ayah, Jaume Putellas, ke Camp Nou untuk menonton Barcelona berlaga. Sejak saat itu, dirinya pun bergelut di sepak bola.

Padahal, Putellas sendiri lahir dan tumbuh di keluarga yang mencintai olahraga Basket. Namun ia tetap menekuni jalan berbeda dari keluarganya tersebut.

Baca Juga:
Dituding Panitia Ballon d'Or Ingin Saingi Messi, Ronaldo: Dia Pembohong

Klub pertama Putellas dalam bermain sepak bola adalah CE Sabadell di mana ia bergabung klub tersebut berkat teman keluarganya yang bermain di klub.

Pada 2005, Putellas bergabung dengan tim akademi Barcelona. Namun di akademi Blaugrana ia hanya bermain dan menimba ilmu dalam waktu singkat.

Pada usia 12 tahun, Putellas hengkang dari akademi Barcelona dan bergabung akademi rival Los Cules, yakni RCD Espanyol di mana ia bertahan selama empat tahun.

Debut di laga profesional pertamanya pun terjadi di RCD Espanyol saat usia Putellas baru 16 tahun. Bahkan, di musim pertamanya itu ia membawa Los Periquitos menjuarai Copa de la Reina (Piala Spanyol untuk wanita).

Alexia Putellas, pesepakbola wanita. (Instagram/@alexiaps94)

Pada usia 17 tahun, Putellas hijrah ke Levante di mana ia mencetak 15 gol dari 34 laga tanpa mampu mempersembahkan gelar apapun.

Di musim panas 2012, Putellas pun kembali ke kampung halamannya usai Barcelona merekrutnya. Di usia 18 tahun, ia tampil di seluruh pertandingan Blaugrana musim tersebut.

Sejak bergabung Barcelona, permainan Putellas kian matang dan bergelimang gelar domestik. Adapun, permainan individu terbaiknya terjadi di musim 2018/19 di mana ia menorehkan 16 gol dan menjadi top skor Blaugrana di liga.

Usai menundukkan kancah domestik, Putellas pun ingin menguasai Eropa dengan membawa Barcelona menjuarai Liga Champions wanita.

Kesempatan itu tiba pada musim 2018/19 di mana Barcelona pertama kalinya menembus final Liga Champions wanita. Sayangnya, di partai puncak Putellah dan timnya tumbang dengan skor 1-4 dari Lyon.

Pada musim 2020-2021, Putellas dan Barcelona pun kembali menembus final Liga Champions wanita dan berjumpa dengan Chelsea.

Jelang final, Putellas sendiri tengah dihantam cedera sehingga harus berlatih terpisah dari rekan-rekannya. Meski demikian, di final ia tetap tampil sebagai starter karena tekadnya membawa Barcelona juara.

Hasilnya pun dapat ditebak. Putellas mampu mencetak satu gol dan satu assist di final yang membawa Barcelona mengandaskan Chelsea dengan skor 4-0 hingga menjadi kampiun Liga Champions wanita 2020-2021.

Untuk level tim nasional, Putellas membela Spanyol di setiap kelompok umur. Sedangkan debutnya di tim senior dilakukan saat menjalani laga persahabatan melawan Denmark.

Debut resminya di timnas Spanyol terjadi saat melawan Inggris di mana di laga itu ia mencetak gol perdananya yang membuat La Furia Roja wanita menang di babak ekstra time dengan skor 3-2 atas The Three Lions.

Di luar lapangan, Alexia Putellas sempat menempuh studi Administrasi Bisnis dan Manajemen di Pompeu Fabra University sebelum memutuskan berhenti untuk fokus di sepak bola.

Load More