Rauhanda Riyantama
Pemain Real Madrid dan Kapten Timnas Kroasia, Luka Modric Raih Ballon d'Or 2018 (AFP)

Bolatimes.com - Penghargaan Ballon d’Or 2021 ini akan diumumkan hari ini, Selasa (20/11/21) dini hari WIB. Total ada 30 pemain yang telah masuk nominasi penghargaan individu tertinggi di sepak bola ini.

Ballon d’Or akan kembali diundi di tahun 2021 ini setelah sebelumnya di tahun 2020 lalu, penghargaan pemain terbaik di dunia ini ditiadakan akibat pandemi Covid-19.

Untuk tahun 2021 ini, telah terpilih 30 nominasi di mana para pemain Chelsea dan Manchester City mendominasi daftar nominasi tersebut.

Baca Juga:
Debut di BWF World Tour Finals 2021, Pram/Yere Berterima Kasih ke Minions

Dua tim papan atas Inggris ini menyumbang total 10 pemain. Sedangkan 20 pemain lainnya terbagi dari beberapa klub dan negara berkat sepak terjangnya di 2021.

Aksi Lionel Messi saat PSG tumbang di kandang Manchester City dalam lanjutan Liga Champions. (PAUL ELLIS / AFP)

Sederet nama besar pun kembali hadir di daftar nominasi Ballon d’Or 2021. Sebut saja Lionel Messi, Robert Lewandowski, Cristiano Ronaldo, Karim Benzema, Mohamed Salah, dan juga Jorginho.

Banyak yang menduga, nama Messi akan keluar sebagai pemenang. Selain itu banyak pula yang meyakini bahwa Robert Lewandowski lah pemenangnya.

Baca Juga:
Daftar Pemain Abroad ASEAN yang Ramaikan Piala AFF 2020, Filipina Terbanyak

Terlepas dari asumsi atau rumor yang beredar soal pemenang, andai Messi dan Lewandowski menjadi pemenang penghargaan Ballon d’Or 2021 ini, maka keduanya bisa saja mencetak sejarah masuk dalam daftar pemain tertua yang memenangkan penghargaan ini.

Sebelumnya, beberapa pemain dengan nama besar mampu meraih penghargaan Ballon d’Or kendati usianya telah menginjak kepala tiga atau bahkan setelah menginjak kepala empat.

Hal ini pun membuktikan bahwa usia bukanlah halangan bagi pemain untuk mencapai prestasi individu atau sebagai yang terbaik di sepak bola.

Baca Juga:
Bungkam Persib, Pelatih Arema FC: Kami Bisa Saja Cetak 1 atau 2 Gol Lagi

Kira-kira, siapa saja pemain tertua yang pernah memenangkan Ballon d’Or?

5. Fabio Cannavaro

Fabio Cannavaro saat jalani latihan bersama Timnas Italia pada tahun 2009 (Vincenzo Pinto/AFP)

Fabio Cannavaro mampu meraih gelar Ballon d’Or pada tahun 2006. Keberhasilannya meraih titel ini tak lepas dari sepak terjangnya bersama Italia hingga jadi juara Piala Dunia 2006.

Baca Juga:
Xavi Hernandez Tanggapi Rumor Boyong Ferran Torres

Saat terpilih sebagai pemain terbaik, Cannavaro menggondol bola emas itu saat usianya telah menginjak 33 tahun 74 hari.

4. Luka Modric

Gelandang Real Madrid, Luka Modric saat menerima penghargaan Ballon d'Or 2018 pada 3 Desember (Franck Fife/AFP)

Luka Modric mampu merusak dominasi Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo di ajang Ballon d’Or kala memenanginya pada tahun 2018 lalu.

Modric mampu meraihnya di usianya yang telah 33 tahun 84 hari berkat keberhasilannya menjuarai Liga Champions bersama Real Madrid dan membawa Kroasia menembus Piala Dunia 2018.

3. Alfredo Di Stefano

Alfredo di Stefano. (Sumber: JOE.ie)

Lagi-lagi pemain Real Madrid berhasil menjuarai Ballon d’Or di usia yang telah menginjak kepala tiga. Selain Cannavaro dan Modric, ada nama Alfredo Di Stefano.

Di Stefano berhasil meraih Ballon d’Or pada tahun 1959 di usianya yang telah 33 tahun 161 hari. Keberhasilan ini menjadi Ballon d’Or keduanya setelah sebelumnya ia meraihnya pada 1957.

2. Lev Yashin

Lev Yashin menjadi satu-satunya kiper yang hingga saat ini mampu meraih penghargaan Ballon d’Or. Hebatnya, ia meraih penghargaan itu di usianya yang telah 34 tahun 55 hari pada 1963 silam.

Lev Yashin meraih penghargaan ini karena sepak terjangnya bersama klubnya, Dinamo Moskow yang hanya kebobolan 7 kali saja dalam perjalanannya menjadi juara liga pada musim 1962-1963.

1. Stanley Matthews

Stanley Matthews. (AFP/INTERCONTINENTALE/STAF)

Rekor pemain tertua yang mampu meraih penghargaan Ballon d’Or masih dipegang Stanley Matthews. Ia meraih penghargaan ini di usianya yang telah 41 tahun 317 hari.

Matthew mendapatkannya pada tahun 1956, yang merupakan edisi pertama Ballon d’Or. Keberhasilannya meraih penghargaan ini tak lepas dari sepak terjangnya bersama Blackpool.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Load More