Husna Rahmayunita
Pemain Meksiko Edson Alvez pakai jersey tiga digit. (Instagram/@edsonnalvarez)

Bolatimes.com - Nomor punggung sepak bola menjadi menjadi representasi seorang pemain di lapangan. Uniknya, ada nomor punggung tiga digit seperti di Meksiko,

Umumnya pemain mengenakan nomor-nomor sakral seperti 10, 7, 9 dan 11, yang dianggap sebagai nomor pemain hebat.

Di Liga Meksiko, nomor punggung kecil seperti 1-10 atau nomor punggung besar 11-99, juga lazim digunakan. Namun, ada yang berbeda karena sejumlah pemain ada yang mengenakan nomor dengan tiga digit.

Baca Juga:
Pep Guardiola Ogah Tinggalkan Manchester City Meski Tertarik Latih Timnas

Di regulasi sepak bola Meksiko, klub diwajibkan mendaftarkan seluruh pemainnya. Mulai dari kelompok umur hingga tim utama.

Syarat regulasi yang mengikat ialah, nomor punggung setiap pemain tak boleh sama. Alhasil, jika suatu klub memiliki lebih dari 300 pemain, nomor punggung tiga digit tentu sudah akan jadi pilihan.

Contoh sederhananya, penggunaan nomor punggung 1, biasanya digunakan oleh penjaga gawang tim utama. Penjaga gawang di sebuah klub tentu tak hanya satu, apalagi tim tersebut memiliki kelompok umur. Alhasil, penjaga gawang di kelompok umur, bisa saja menggunakan jersey bernomor punggung 111.

Baca Juga:
Bigmatch Chelsea vs Man United, Michael Carrick: Laga yang Harus Dinikmati

Pemain Meksiko Edson Alvez pakai jersey tiga digit. (Instagram/@edsonnalvarez)

Hal ini juga memudahkan penikmat sepak bola untuk mengidentifikasi nama pemain utama, cadangan, hingga lulusan akademi.

Manuel Veth dari Futebol Cidade menyatakan bahwa langkah ini memudahkan pemandu bakat dari Eropa mencari para pemain muda potensial di Meksiko. Salah satunya, bek Club Amerika, Edson Alvarez, lekat dengan nomor punggung 282.

Penggunaan nomor punggung di Meksiko juga harus satu musim penuh. Tak ada nomor punggung yang bersifat seremonial karena bisa diganti bila musim kompetisi sudah rampung.

Baca Juga:
Ngeri, Momen Pemain Arminia Bielefeld Alami Cedera Terparah di Sepak Bola

Kontributor: Kusuma Alan
Load More