Irwan Febri Rialdi
Pesepakbola Timnas Malaysia, Mohamadou Sumareh (ketiga kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Timnas Indonesia pada laga putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (5/9/2019) malam WIB. [ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat]

Bolatimes.com - Timnas Malaysia sudah mengumumkan 28 pemain yang akan mereka bawa untuk gelaran Piala AFF 2020 di Singapura.

Turnamen terbesar se-Asia Tenggara ini bakal berlangsung di Singapura dari 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022.

Malaysia terlihat serius menatap Piala AFF 2020 karena membawa pemain-pemain terbaik. Bahkan, ada 4 pemain yang tercatat mentas di luar Malaysia.

Baca Juga:
Soroti Performa Praveen/Melati, Coach Nova: Tidak Ada Daya Juangnya

Dari daftar pemain yang dikeluarkan federasi sepak bola Malaysia, FAM, ada tiga klub asal Malaysia yang mendominasi jumlah penyumbang pemain.

Johor Darul Takzim menjadi tim paling banyak mengirimkan pemai ke Timnas Malaysia. Total ada 7 pemain JDT yang dipanggil, termasuk Safawi Rasid dan pemain naturalisasi Guilherme De Paula Lucrecio.

Meski JDT menjadi klub yang paling banyak menyumbangkan pemain mereka untuk Timnas Malaysia, ada beberapa pemain bintang yang tak dipanggil FAM.

Baca Juga:
Lolos Perempat Final Indonesia Masters 2021, Minions Potensi Perang Saudara

Di antaranya dua pemain naturalisasi Corbin Ong dan Matt Davies. Padahal keduanya kerap menjadi andalan di lini belakang tim berjuluk 'Harimau Malay'.

Selain kedua pemain naturalisasi, 2 jagoan JDT lainnya yang tak dipanggil adalah Farizal Marlias dan Ariff Aiman. Farizal biasanya memang dipanggil, tetapi Aiman merupakan pemain muda potensial berusia 19 tahun.

Untuk keputusan tak memanggil keempat pemain JDT tersebut diakui pelatih Tan Cheng Hoe karena alasan fisik pemain. Keempatnya dianggap kelelahan setelah melalui musim ini.

Baca Juga:
Gara-gara Istri, Zinedine Zidane Tidak Akan Jadi Pelatih Manchester United

Selain bermain untuk JDT di berbagai kompetisi seperti Liga Malaysia, Piala Malaysia, hingga Liga Champions Asia, keempat pemain ini juga sebelumnya membela Malaysia di Piala Asia Kualifikasi Piala Dunia pada Juni lalu.

Meski tanpa 4 pemain jagoan JDT, Timnas Malaysia tetap bisa menjadi ancaman serius buat lawan-lawan mereka.

Adapun, Malaysia tergabung di Grup B bersama Vietnam, Indonesia, Laos, dan Kamboja. Laga perdana Malaysia akan tersaji pada 6 Desember 2021 melawan Kamboja.

Baca Juga:
Bepe Bongkar Persija Jakarta Gagal Boyong Pemain Timnas Indonesia

Berikut daftar 28 pemain Timnas Malaysia untuk Piala AFF 2020.

Kiper: Khairulazhan Khalid, Syahmi Safari, Mukhairi Ajmal Mahadi, Khairul Fahmi Che Mat, Azri Abdul Ghani

Belakang: Aidil Zafuan Abdul Radzak, Shahrul Saad, Rizal Ghazali, Arif Fadzilah Abu Bakar, Quentin Cheng, Junior Eldstal, Dominic Tan, Dion Johan Cools

Gelandang: Akhyar Abdul Rashid, Mohamadou Sumareh, Syafiq Ahmad, Ariff Farhan Isa, Baddrol Bakhtiar, Fayadh Zulkifli Amin, Akram Mahinan, Kenny Pallraj, Faisal Abdul Halim

Penyerang: Safawi Rasid, Guilherme de Paula, Shahrel Fikri Fauzi, Darren Lok, Kogileswaran Raj, Luqman Hakim Shamsudin.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More