Irwan Febri Rialdi
Aksi gelandang Manchester United, Donny van de Beek (kiri) saat berebut bola dengan pemain West Ham dalam laga putaran ketiga Piala Liga Inggris di Old Trafford, Kamis (23/9/2021) dini hari WIB. (Oli SCARFF / AFP)

Bolatimes.com - Menjadi seorang anak gawang dalam sebuah pertandingan sepak bola ternyata bisa mengantarkan pemain muda untuk bersinar di masa depan.

Sebab, mereka mendapatkan kesempatan untuk menatap langsung pemain-pemain top dunia dalam jarak yang cukup dekat.

Bahkan, anak gawang ini juga bisa berinteraksi secara langsung, dan melihat aksi-aksi pemain idolanya itu di depan mata.

Baca Juga:
Ducati Ngamuk! Panitia Lokal Buka Boks Kargo dan Otak-atik Motor WSBK

Hal ini bisa menjadi motivasi bagi anak gawang yang biasanya berstatus sebagai pemain akademi setempat.

1. Matthijs De Ligt

Centre-back Juventus, Matthijs de Ligt. [Roslan RAHMAN / AFP]

Bagi pemain-pemain akademi Ajax Amsterdam, menjadi ball-boy juga merupakan bagian dari kurikulum yang harus dilewati pemain.

Baca Juga:
Usai Diserbu Netizen, Pemain FK Senica Pamer Kekompakan Bareng Egy Maulana

Matthijs De Light, misalnya, juga pernah menjadi ball-boy ketika masih menimba ilmu bersama akademi Ajax Amsterdam.

Bek tengah yang saat ini memperkuat Juventus itu juga pernah mendapatkan kesempatan untuk berfoto bersama Luis Suarez, mantan pemain Ajax.

Kini, karier de Light semakin melejit setelah mencatatkan debut bersama timnas Belanda pada usia 17 tahun.

Baca Juga:
Fajar Alfian Soroti Pebulu Tangkis Thailand yang Joget TikTok di Bali

2. Donny van de Beek

Aksi gelandang Manchester United, Donny van de Beek (kiri) saat berebut bola dengan pemain West Ham dalam laga putaran ketiga Piala Liga Inggris di Old Trafford, Kamis (23/9/2021) dini hari WIB. (Oli SCARFF / AFP)

Seperti Matthijs De Ligt, Donny van de Beek juga berstatus sebagai pemain jebolan akademi Ajax Amsterdam.

Van de Beek juga pernah menjadi ball-boy. Dia juga sempat mendapat kesempatan untuk berfoto bersama Luis Suarez sebelum pertandingan.

Baca Juga:
Gemasnya Anak Viktor Axelsen ke Bali untuk Indonesia Badminton Festival

Kini, Donny van de Beek berstatus sebagai pemain Manchester United setelah direkrut dari Ajax Amsterdam pada 2020 lalu.

3. Bernardo Silva

Gelandang Manchester City, Bernardo Silva (Genya Savilov/AFP)

Sebelum menjadi pemain andalan Manchester City seperti saat ini, Bernarndo Silva harus melewati perjuangan yang panjang untuk mencapainya.

Saat masih berusia muda, pemain asal Portugal itu merupakan penggemar berat Benfica. Bahkan, ia juga sempat menimba ilmu di akademi milik Benfica.

Saat masih berlatih di akademi, pemain timnas Portugal itu juga mendapat tugas untuk menjadi anak gawang, yakni ketika laga Liga Eropa antara tuan rumah Benfica melawan Napoli.

4. Brahim Diaz

Pemain AC Milan Brahim Diaz dan Theo Hernandez merayakan gol saat melawan Venezia, Kamis (23/9/2021) dinihari WIB. (AFP/Tiziana FABI)

Penyerang AC Milan,  Brahim Diaz, juga pernah menjadi anak gawang sebelum kariernya moncer seperti sekarang ini.

Pemain yang lahir di Malaga ini sempat menjadi ball-boy pada tahun 2012. Saat itu, potret wajahnya ikut tampil ketika dua pemain Malaga, Santi Cazorla dan Isco, mencetak gol.

Tujuh tahun kemudian, Brahim Diaz justru bergaung dengan Real Madrid. Bersama klub Ibu Kota itu, ia juga merasakan kesempatan untuk bermain satu tim bersama Isco.

Bahkan, pemain yang sempat menimba ilmu bersama Manchester City ini pernah memberikan assist untuk Isco pada laga internasional melawan Huesca.

5. Phil Foden

Selebrasi Phil Foden usai cetak satu gol dalam kemenangan 7-0 City atas Rotherham di ajang Piala FA akhir pekan kemarin. (OLI SCARFF / AFP)

Ketika pemain Manchester City, Stevan Jovetic, merayakan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Swansea pada tahun 2017, ada seorang anak laki-laki yang masuk dalam frame foto perayaan tersebut.

Laki-laki itu merupakan anak gawang pada pertandingan tersebut. Ternyata, ia diketahui sebagai Phil Foden, yang kini menjadi pemain Manchester City.

Gelandang berusia 21 tahun itu ternyata pernah menjadi anak gawang. Kariernya bersama Manchester United juga semakin bersinar.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More