Rauhanda Riyantama
Fullback Liverpool, Trent Alexander-Arnold melakukan selebrasi usai membobol gawang Leicester City pada laga Boxing Day Liga Inggris 2019/2020 di King Power Stadium, Jumat (27/12/2019) dini hari WIB. [Oli SCARFF / AFP]

Bolatimes.com - Pemain berposisi bek di sepak bola modern saat ini, tak hanya bertugas untuk menjaga pertahanan saja. Bahkan, saat ini pemain belakang juga dituntut aktif mencetak gol.

Bek yang dulunya difokuskan untuk menghadang bola yang memasuki area pertahanan, kini pun bisa menjadi lumbung gol bagi timnya.

Banyak bek-bek dengan torehan gol mentereng dan bahkan bisa melewati torehan para penyerang. Di era 80 dan 90 an, ada nama Ronald Koeman dan Steve Bruce.

Baca Juga:
Bak Drama, Kisah Lengkap Hulk Menikahi Keponakan Mantan Istrinya

Lalu di era 2000 an awal, ada nama John Terry yang hingga saat ini tercatat sebagai bek tersubur sepanjang sejarah Premier League.

Lantas untuk generasi saat ini, kira-kira siapa bek yang punya catatan gol bak para penyerang? Berikut daftarnya.

5. Joao Cancelo

Baca Juga:
Manajer Danilo Fernando Pamit, PSS Sleman Kantongi Kandidat Pengganti

Tak salah jika menyebut nama Joao Cancelo merupakan Full Back terbaik di sepak bola saat ini. Ia bisa bermain di posisi Full Back kanan maupun kiri.

Ia terkenal piawai dalam membantu penyerangan dan juga bertahan. Bahkan karenanya ia pun perlahan menjadi andalan Pep Guardiola. Total 6 gol dan 7 assist telah ia cetak bersama Manchester City dalam 88 laga.

4. Alphonso Davies

Baca Juga:
Pilih Jadi WNI, Viral Potret Elkan Baggott Dapat KTP

Alphonso Davies dikenal sebagai Full Back kiri yang cepat dan tangguh dalam berduel. Di usianya yang masih muda, ia mencatatkan namanya sebagai yang terbaik di posisinya.

Selain tangguh dan cepat, Alphonso Davies juga andal dalam mencetak gol untuk Bayern Munchen. Dalam 95 laga, ia telah mencetak 5 gol dan 17 assist.

3. Trent Alexander-Arnold

Baca Juga:
Diduga Cemooh Istri Orang, John Terry Jadi Bulan-bulanan

Selebrasi Trent Alexander-Arnold saat membobol gawang Watford di Liga Primer pada 24 November 2018 (Olly Greenwood/AFP)

Beralih ke posisi Full-Back kanan, ada nama Trent Alexander-Arnold yang rajin membantu serangan Liverpool. Ia menjadi salah satu sumber dari banyaknya gol yang dibuat The Reds.

Dari kakinya, banyak assist yang telah diciptakannya hingga ia memecahkan Guinness World Record dengan 12 assist di Premier League. Selain assist, ia juga andal dalam mencetak gol. Total 11 gol telah dicetaknya.

2. Marcos Alonso

Marcos Alonso dicap sebagai Wing Back kiri terbaik di dunia saat ini, terutama saat membantu timnya menyerang. Karenanya, banyak gol lahir dari kakinya.

Apalagi ia juga dikenal andal dalam mengeksekusi bola mati. Maka tak heran Alonso bisa mencetak gol dari tendangan bebas. Selama membela Chelsea sejak 2016/17, ia telah mencetak 25 gol dan 18 assist dari 175 penampilan.

1. Theo Hernandez

Pemain bertahan AC Milan, Theo Hernandez, setelah mencetak gol ke gawang Udinese pada 19 Januari 2020. (Marco Bertorello/AFP).

Untuk posisi bek tertajam di sepak bola saat ini, dipegang oleh Theo Hernandez. Full Back kiri AC Milan ini telah mencetak 16 gol dan 16 assist dari 93 laga.

Apiknya penampilan Theo Hernandez bahkan berimbas pada prestasinya. Belum lama ini ia mengantarkan Prancis menjuarai UEFA Nations League 2020/21.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Load More