Irwan Febri Rialdi
Para pemain Timnas Chile merayakan kemenangan usai kalahkan Kolombia lewat adu penalti di babak perempat final Copa America 2019, Sabtu (29/6/2019). [Nelson ALMEIDA / AFP]

Bolatimes.com - Penetapan hari libur di suatu negara biasanya dilandasi atas peristiwa penting. Hari besar agama, kemerdekaan, memperingati pahlawan, dan lainnya.

Tapi, bagaimana jika suatu negara menetapkan hari libur karena sepak bola. Ini menarik tentunya dan ada beberapa negara yang menetapkannya atas dasar bahwa sepak bola dianggap peristiwa penting.

Berikut Bolatimes merangkum sejumlah negara yang menetapkan 'tanggal merah' untuk memperingati sepak bola.

1. Trinidad and Tobago

Pada 17 November 2005, Trinidad dan Tobago mencatatkan sejarah lolos ke Piala Dunia 2006. Ini adalah kali pertama negara ini lolos ke event sepak bola akbar empat tahunan.

Adapun, Trinidad dan Tobago lolos usai mengalahkan Bahrain di babak play-off. Atas dasar itu, negara Trinidad dan Tobago menjadikan 17 November sebagai hari libur nasional.

2. San Marino

Penyerang Timnas San Marino, Nicola Nanni (kanan) saat beraksi menghadapi pemain Inggris di Kualifikasi Piala Dunia 2022. (ADRIAN DENNIS / POOL / AFP)

Pemerintah San Marino membuat kebijakan yang cukup aneh. Hari libur nasional diperingati bila Timnas San Marino mencetak gol dalam sebuah event.

Ini bukan tanpa sebab. Karena, San Marino kerap gagal mencetak gol. Dan guna merayakannya, pemerintah negara tersebut meliburkan warganya.

3. Togo

Pemain asal Togo Emmanuel Adebayor [AFP]

Pemerintah Togo juga menetapkan hari libur sama dengan pemerintahan Trinidad dan Tobago. Bedanya, mereka libur pada 10 Oktober.

Seperti narasi sebelumnya, Togo lolos ke Piala Dunia 2006 pada Oktober 2005. Dan ini menjadi sejarah di negara Togo.

4. Chile

Pemain Chile, Eduardo Vargas (tengah) merayakan golnya ke gawang Jepang di laga penyisihan grup C Copa America 2019. Nelson Almeida / AFP

Pada 26 Juni jadi hari yang istimewa buat rakyat Chile. Sebab, selain negara tersebut juara Copa America di waktu tersebut, mereka juga menjuarai ajang itu dua kali beruntun.

Atas pencapaian itu, pemerintah Chile menetapkan satu hari kalender mereka untuk merayakan libur nasional.

5. Panama

Panama. (Sumber: These Football Times)

Pada 10 Oktober, seluruh masyarakat Panama mendapatkan hari libur nasional. Penyebabnya, di waktu itu, tim nasional sepak bola mereka untuk pertama kali lolos ke Piala Dunia.

Tanggal ini mulai ditetapkan pada 2017. Artinya, sudah 4 tahun masyarakat Panama libur tiap pertengahan Oktober.

Kontributor: Kusuma Alan
Load More