Rauhanda Riyantama
Josh Cavallo, pemain Adelaide United yang ngaku gay. (Twitter/@SNAUFootball)

Bolatimes.com - Belum lama ini, dunia sepak bola dikejutkan dengan pengakuan Josh Cavallo. Pemain Adelaide United ini menjadi pesepak bola profesional pertama Australia yang mengaku dirinya gay.

Josh Cavallo mengakui dirinya sebagai gay lewat sebuah video dan surat terbuka yang ia unggah lewat media sosial pribadinya.

Dalam pengakuannya, pemain berusia 21 tahun tersebut akhirnya merasa nyaman untuk berbicara dan berharap dirinya akan membuka jalan bagi para pemain gay lainnya untuk membuka diri.

Baca Juga:
Profil Ronald Koeman, Legenda Barcelona yang Akhirnya Dipecat Juga

Harapan ini dilandasi fakta bahwa ketertarikan seksual masih menjadi hal yang tabu di sepak bola dewasa ini.

Pasalnya, masih banyak pandangan negatif yang menghampiri pesepak bola gay sehingga mereka tak berani terbuka akan ketertarikan seksualnya saat masih bermain.

"Ada sesuatu yang personal yang harus saya bagikan ke semua orang. Saya adalah pesepak bola dan saya adalah gay," ucap Josh Cavello dikutip dari BBC.

Baca Juga:
Video Tendangan Gledek Edo Febriansyah yang Bobol Gawang Arema FC

"Ini adalah perjalanan untuk tiba di titik ini, tapi saya tak bisa lebih bahagia dengan pengakuan saya."

"Saya telah berjuang untuk ketertarikan seksual saya selama 6 tahun dan saya bahagia bisa menuntaskannya," lanjut Josh Cavello.

Baca Juga:
Akhirnya Buka Suara usai Dibantai Liverpool, Marcus Rashford: Saya Malu

Pengakuan Josh Cavello ini mendapat dukungan dari beragam pihak. Salah satunya adalah bek milik Barcelona, Gerard Pique.

Lewat akun Twitter-nya, Pique memuji keberanian Josh Cavello buka suara sekaligus berterima kasih karena telah membuat sepak bola melangkah ke depan.

Lantas, siapakah sosok Josh Cavello tersebut?

Baca Juga:
Gempar, Bos Persis Solo Jadi Komisaris di Perusahaan Raffi Ahmad

Profil Josh Cavello

Josh Cavello lahir dengan nama lengkap Joshua John Cavello pada tanggal 13 November 1999 silam di East Bentleigh, Victoria, Australia.

Karier sepak bolanya dimulai di kota Melbourne di mana ia bermain untuk dua tim kota tersebut yakni Melbourne Victory FC Youth dan Melbourne City FC Youth.

Setelah menimba ilmu di kota Melbourne hingga kontraknya berakhir pada akhir musim 2018/19, Josh Cavallo hijrah ke Western United.

Ia bergabung Western United pada Juni 2019 dan baru melakukan debutnya pada Januari 2020 dengan menghadapi mantan timnya, Melbourne City FC.

Josh Cavallo, pemain Adelaide United yang ngaku gay. (Twitter/@9NewsAdel)

Kariernya di Western United pun terbilang singkat. Pemain yang juga berkebangsaan Malta ini pun hengkang dari klub tersebut pada Februari 2021.

Tak butuh waktu lama, Josh Cavallo langsung mendapat tawaran dari Adelaide United berupa kontrak jangka pendek.

Tiga bulan berselang, Josh Cavallo mendapat perpanjangan kontrak berdurasi 2 tahun setelah ia membuat 18 penampilan.

Bersama Adelaide United, ia tampil sebagai bek kiri dan gelandang. Kemampuannya menempati beragam posisi ini membuat Josh Cavallo menjadi andalan tim A-League tersebut.

Selain menjadi andalan di level klub, Josh Cavallo juga menjadi andalan untuk negara kelahirannya, Australia.

Dikutip dari Transfermarkt, Josh Cavallo pernah membela Timnas Australia U-19 yang pernah bermain di Piala AFC U-19 pada 2018 silam. Hingga saat ini, ia belum mencatatkan penampilan di tim nasional senior negeri Kanguru tersebut.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Load More