Rauhanda Riyantama
Sir Alex Ferguson (Paul Ellis/AFP)

Bolatimes.com - Manchester United dan Sir Alex Ferguson seperti dua hal yang tak bisa dipisahkan. Pertama, lantaran pria asal Skotlandia ini adalah pelatih tersukses sepanjang sejarah klub.

Sejumlah trofi entah sudah berapa kali masuk kabin Iblis Merah. Paling diingat adalah 13 trofi Premier League selama 26 tahun menjabat.

Hal yang tak bisa dipisahkan kedua adalah soal permen karet. Ya, Ferguson terkenal sebagai pelatih yang selalu makan permen karet du setiap pertandingan Manchester United.

Baca Juga:
Fix! Daftar Pemain Timnas Australia U-23 di Kualifikasi Piala Asia 2022

Buat yang mengidolakan Manchester United, jelas sering menengok Sir Alex mengunyah permen karet sepanjang pertandingan Iblis Merah. Dan tahukah Anda, kebiasaan itu ternyata punya ceritanya.

Kebiasaan Fergie, demikian Sir Alex disapa, mengunyah permen karet, sudah dilakukannya sejak melatih Manchester United kali pertama. Tepatnya, saat Setan Merah menjamu Oxford United pada 1986.

Ketika itu, fisioterapi MU, Jim McGrehor, yang juga asisten Fergie, kerap mendapati sang pelatih batuk. Dan ketika itu McGregor menawari obat batuk namun ditolak.

Baca Juga:
Ramai Desakan Menpora Dicopot, Taufik Hidayat Dicalonkan Jadi Pengganti

McGregor tak patah arang. Agar meminimalisir batuk, ia menyarankan Fergie untuk mengunyah permen karet. Dan sejak saat itu, Fergie kemudian terus mengunyah permen karet di laga-laga MU.

Menurut laporan SportBible, selama 26 tahun mendampingi MU, diperkirakan sudah menghabiskan tiga ribu bungkus permen karet.

Di masa-masa akhir karier kelepatihannya, Fergie bahkan masih menjalankan kebiasaannya. Dan pada akhirnya, pada pertandingan pemungkas MU dilatih Fergie, permen karetnya didapatkan oleh seorang fan.

Baca Juga:
Viral Menpora Amali Bilang Fajar/Rian Tak Terkenal, Jadi Tertawaan Netizen

Permen karet itu kemudian dilelang di eBay dan terkumpul 390 pound. Hasil uangnya didonasikan untuk badan amal MU.

Kontributor: Kusuma Alan
Load More