Senin, 06 Desember 2021
Rauhanda Riyantama : Jum'at, 15 Oktober 2021 | 14:30 WIB

Bolatimes.com - Tanggal 9 Oktober lalu, majalah France Football telah merilis daftar 30 pemain yang masuk nominasi peraih Ballon dOr 2021. Nyatanya, ada beberapa klub top Eropa yang tak mengirim wakil dalam daftar tersebut.

Chelsea dan Manchester City menjadi tim yang paling banyak menyumbang pemain yang masuk nominasi peraih Ballon d’Or 2021.

Masing-masing klub tersebut mengirimkan lima wakilnya dalam daftar nominasi seiring apiknya penampilan kedua klub di tahun 2021 ini serta pencapaian individu pemainnya di level klub dan tim nasional.

20 pemain sisanya pun terdiri dari berbagai klub top lainnya. Sebagai Pedri dari Barcelona, Robert Lewandowski dari Bayern Munich, dan Karim Benzema dari Real Madrid.

Ternyata, ada beberapa klub top Eropa lainnya yang tak mengirimkan wakil sama sekali dalam nominasi peraih Ballon d’Or 2021 ini. Kira-kira, klub top mana saja itu? Berikut ulasannya.

1. Arsenal

Sepanjang sejarahnya, Arsenal tak pernah membantu pemainnya meraih Ballon d’Or. Hanya saja pada 2003, The Gunners pernah mengirim nama Thierry Henry dalam nominasi.

Sayangnya Henry hanya mampu finis di tempat kedua di belakang Pavel Nedved selaku peraih voting terbanyak yakni 190 suara.

Setelah itu, Arsenal terbilang jarang mengirim pemainnya ke daftar nominasi penghargaan Ballon d’Or setiap tahunnya.

Untuk tahun 2021 ini saja, tak ada satu pun pemain The Gunners yang masuk dalam daftar 30 pemain tersebut. Hal ini tak lepas dari prestasi Arsenal yang buruk di musim lalu dan musim ini.

2. Lille

Musim 2020-2021 menjadi musim yang berkesan untuk Lille. Pasalnya, Les Douges berhasil menjuarai Ligue 1 meruntuhkan dominasi Paris Saint-Germain.

Meski tampil apik di musim lalu, nyatanya tak ada satu pun pemain Lille yang dilirik oleh France Football untuk masuk nominasi peraih Ballon d’Or 2021.

Ironisnya lagi, pemain Ligue 1 Prancis yang masuk daftar ini malah dikuasai oleh para pemain dari Paris Saint-Germain seperti Lionel Messi, Kylian Mbappe, Gianluigi Donnarumma, dan Neymar.

3.  FC Porto

Memang di musim 2020-2021, FC Porto tak tampil apik. Bahkan The Dragon juga kalah di kancah domestik dari Sporting CP dalam perebutan juara Liga Portugal.

Namun pada tahun 2021, FC Porto mampu membuat kejutan dengan menembus babak perempat final Liga Champions mengalahkan Juventus. Meski tersingkir, The Dragon sempat mengalahkan sang juara, Chelsea.

Seharusnya ada beberapa pemain yang masuk nominasi seperti Sergio Oliveira atau Pepe. Namun kontribusi keduanya dirasa kurang untuk bersaing dengan 30 pemain yang ada di daftar nominasi.

4. Leicester City

Mungkin merasa aneh memasukkan nama Leicester City di daftar ini. Tapi seharusnya nama Kasper Schmeichel masuk dalam daftar ini ketimbang Simon Kjaer.

Pasalnya, Schmeichel mampu membawa Leicester City menjadi juara Piala FA 2020-2021. Selain itu, ia tampil baik di ajang Euro 2020.

Selain Schmeichel, masih ada nama Youri Tielemans yang juga jadi pemain vital untuk keberhasilan Leicester City dan juga tim nasional Belgia di ajang Euro 2020.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

BACA SELANJUTNYA

5 Pemain Manchester United yang Tampil Ciamik saat Lawan Arsenal