Rauhanda Riyantama
Selebrasi kapten Portugal, Cristiano Ronaldo usai bobol gawang Luksemburg. (CARLOS COSTA / AFP)

Bolatimes.com - Timnas Portugal meneruskan tren positifnya di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa usai menghajar Luksemburg dengan skor 5-0. Dalam kemenangan besar ini, Cristiano Ronaldo memecahkan rekor 5 istimewa.

Portugal berhasil menempel ketat Serbia di grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa usai membantai Luksemburg dengan skor 5-0. Kemenangan ini membawa Selecao das Quinas hanya terpaut 2 poin dari Serbia di puncak klasemen.

Portugal mengalahkan Luksemburg dengan 5 gol tanpa balas lewat gol yang dicetak 3 pemainnya yakni Cristiano Ronaldo, Bruno Fernandes dan Joao Palhinha.

Baca Juga:
Terpaut Jauh di Klasemen, PSIS Semarang Tak Anggap Remeh Persik Kendiri

Cristiano Ronaldo berhasil mencetak Hattrick di laga ini setelah mencetak 3 gol masing-masing di menit ke-8 dan 13 lewat titik putih serta 1 gol lainnya di menit ke-87.

Sedangkan Bruno Fernandes dan Joao Palhinha mencatatkan namanya di papan skor di menit ke-17 dan menit ke-69 untuk melengkapi kemenangan Portugal.

Dalam laga ini, Hattrick Cristiano Ronaldo membawanya menorehkan beberapa rekor fantastis. Tercatat tri golnya itu membuatnya mengukir 5 rekor apik. Apa saja itu?

Baca Juga:
Kisah Putra David Beckham, Masuk Akademi Arsenal dan Pinjam Deker Teman

1. Pemain Pertama dengan 10 Hattrick di Laga Internasional

Berkat Hattrick-nya ke gawang Luksemburg, Cristiano Ronaldo berhasil mencetak total 10 Hattrick bersama Portugal di pentas internasional.

Total 10 Hattrick itu membuatnya menjadi pemain pertama di kategori sepak bola putra yang mencapai torehan itu. Adapun Hattrick perdana Ronaldo diciptakan 8 tahun silam yakni saat Portugal menang 4-2 atas Irlandia Utara.

Baca Juga:
Kisah Eks MU John Cofie, Tandem Paul Pogba yang Pensiun di Usia 27 Tahun

2. Penyerang Tertajam di Level Internasional

Setelah memecahkan rekor 109 gol milik Ali Daei bersama Iran, Cristiano Ronaldo terus menambah jumlahnya serta mempertajam statusnya sebagai bomber tajam di level internasional.

Hattrick-nya ke gawang Luksemburg pun menambah pundi-pundi golnya bersama Portugal menjadi 115 gol dalam 182 penampilan.

Baca Juga:
Viral Peraih Emas PON XX Papua Pulang Naik Angkutan Umum, Ibunda Legowo

3. Perbanyak Rekor Penampilan

Laga melawan Luksemburg membuat Cristiano Ronaldo telah tampil sebanyak 182 kali bersama Portugal atau menjadi yang terbanyak di Eropa mengalahkan Sergio Ramos dengan 180 penampilan.

Meski menjadi yang terbanyak di benua biru, Ronaldo belum mampu mengalahkan jumlah penampilan terbanyak di laga internasional yang masih dipegang 3 legenda, yakni Shon Chin Ann (Malaysia/196 caps), Bader Al-Mutawa (Kuwait/186 caps) dan Ahmed Ahsan (Mesir/184 caps).

4. Luksemburg Korban Cristiano Ronaldo

Hattrick Cristiano Ronaldo ke gawang Luksemburg menjadikan negara tersebut sebagai negara yang gawangnya paling sering dibobol pemain berjuluk CR7 itu.

Berkat Hattrick-nya, Cristiano Ronaldo telah mencatatkan 9 gol ke gawang Luksemburg. Sebelumnya, status negara yang sering dibobol CR7 adalah Lithuania dan Swedia dengan masing-masing 7 gol.

5. Ungguli Lionel Messi

Hattrick ke gawang Luksemburg membuat torehan Cristiano Ronaldo menjadi 115 gol di level internasional. Torehan ini mengungguli Lionel Messi yang hanya mencetak 80 gol bersama Argentina.

Dengan kata lain, Cristiano Ronaldo telah membuktikan bahwa dirinya adalah pencetak gol ulung ketimbang La Pulga di level tim nasional. Butuh setidaknya 35 gol bagi Messi untuk menyamai torehan rivalnya itu.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Load More