Rauhanda Riyantama
Virgil van Dijk saat berduel dengan Lionel Messi di leg pertama semifinal Liga Champions. (JOSE JORDAN / AFP)

Bolatimes.com - Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi menjadi dua pesepak bola yang paling menonjol dalam satu dekade terakhir.

Keduanya tak cuma meraih banyak sukses di level klub, tetapi juga berbagai macam jenis penghargaan individu.

Kemampuan Ronaldo dan Messi juga bikin lini belakang lawan ketar-ketir. Namun nyatanya ada beberapa bek yang tercatat mampu membuat Messi dan Ronaldo kerepotan.

Baca Juga:
Sepak Bola Putri PON XX Papua: Liza Armanita Antar Tuan Rumah Jadi Juara

Siapa saja mereka? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Sergio Ramos

Bek asal Spanyol ini memang lebih sering bertemu Messi sebagai lawan di laga El Clasico. Pertemuan keduanya terkadang membuat Messi kewalahan dan kalah, ada pula saat Ramos harus mengakui keunggulan Messi.

Baca Juga:
Xavi Buka Peluang, Roberto Martinez Jawab Kabar Gantikan Ronald Koeman

Uniknya, Ramos dan Messi kini sama-sama bermain untuk PSG. Sementara untuk Ronaldo, Ramos sempat membuat Ronaldo kewalahan di ajang Piala Eropa 2012. Ronaldo sama sekali tak bisa melepas tendangan ke gawang hingga akhirnya Portugal kalah 2-4 di babak tos-tosan.

2. Virgil van Dijk

Van Dijk memang kini dikenal sebagai salah satu bek tertangguh di dunia. Pertemuan dengan Ronaldo terjadi di UEFA Nations League 2018 di mana Van Dijk mampu meredam Ronaldo.

Baca Juga:
Twitter Chicago Bulls Diserbu Netizen Indonesia usai Tulis Kata 'Iso Ayo'

Sementara kemampuan Van Dijk meredam Messi terlihat di leg kedua semifinal Liga Champions 2018. Van Dijk mampu membuat Messi mati kutu hingga akhirnya mengalahkan Barcelona 4-0 dan lolos ke final berkat agregat 4-3.

3. Diego Godin

Usia Godin mungkin sudah tak lagi muda, 35 tahun, dan bermain untuk Cagliari di Serie A. Namun, saat masa keemasannya dulu di Atletico madrid, bek asal Uruguay ini kerap jadi momok buat Ronaldo dan Messi.

Baca Juga:
Bocoran Pelatih Baru AHHA PS Pati, Nama Eks Juru Taktik Arema FC Mencuat

Dengan kemampuan bertahan yang apik dan postur tubuh yang ideal, Godin tak jarang membuat Messi dan Ronaldo jadi tak berdaya.

4. Leonardo Bonucci

Sebagai bek veteran, Bonucci juga dianggap salah satu bek tangguh di Italia dan Eropa. Dia pernah membuat Ronaldo tak berkutik pada semifinal Liga Champions 2014/15 dan membuat Real Madrid gagal lolos ke final.

Kemudian di musim lalu, Bonucci mampu membuat Messi dan Barcelona tak berdaya dengan menelan kekalahan 0-3 di laga fase grup.

5. Ashley Cole

Pertemuan Cole dengan Ronaldo terjadi saat CR7 masih membela Manchester United di Premier League. Beberapa kali Cole mampu membuat Ronaldo kewalahan saat saling berhadapan.

Sementara pertemuan Cole dan Messi paling berkesan terjadi saat Chelsea mengalahkan Barcelona di semifinal Liga Champions 2011/12.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More