Rauhanda Riyantama
Aksi penyerang Timnas Prancis, Kylian Mbappe saat bobol gawang Spanyol di final UEFA Nations League. (MIGUEL MEDINA / POOL / AFP)

Bolatimes.com - Gol yang dicetak Kylian Mbappe ke gawang Spanyol pada laga final UEFA Nations League tak hanya membawa Prancis meraih juara, tetapi juga mengundang kontroversi.

Gol berbau offside yang dicetak Kylian Mbappe itu membuat Prancis menang 2-1 atas Spanyol pada pertandingan final UEFA Nations League, Senin (11/10/2021) dini hari WIB.

Sebelumnya, Spanyol sukses unggul terlebih dahulu pada menit ke-64 lewat Mikel Oyarzabal. Namun, Karim Benzema sukses menyamakan kedudukan dua menit berselang (66’).

Baca Juga:
Potret Sudut Rumah 4 WAGs Pesepak Bola Indonesia, Minimalis hingga Mewah

Setelah kedudukan berimbang 1-1, Kylian Mbappe muncul sebagai pahlawan sekaligus penentu kemenangan timnas Prancis.

Gol yang dicetak pemain Paris Saint-Germain itu tercipta sepuluh menit menjelang waktu norma usai, atau tepatnya pada menit ke-80.

Baca Juga:
UEFA Nations League Sudah, Benzema Bertekad Bawa Prancis Juara Piala Dunia

Namun, gol yang dicetak Mbappe mengundang perdebatan. Sebab, pemain berusia 22 tahun itu tampak berdiri di posisi offside ketika menerima umpan terobosan dari Theo Hernandez.

Sebelum Theo melepaskan operan, sebetulnya tayangan ulang memang memperlihatkan Mbappe berada dalam posisi offside.

Namun, ada yang menyebut bahwa sentuhan yang dilakukan bek timnas Spanyol, Eric Garcia, saat menghalau bola operan Theo membuat Mbappe menjadi onside. Apalagi, Mbappe juga tak mengganggu Eric Garcia saat menghalau bola. 

Baca Juga:
Amanda Staveley Berjuang Lawan Sakit Sebelum Jadi Bos Newcastle United

Pada permasalahan inilah, gol yang dicetak Mbappe itu mengundang perdebatan. Sebab, ada sejumlah pihak yang menilai bahwa gol tersebut tidak sah.

Sementara itu, beberapa pihak lain mengatakan bahwa gol itu sah karena pergerakan Mbappe dinilai minimalis dan tak melakukan gangguan apa pun terhadap Garcia.

Terlepas dari semua perdebatan itu,, wasit nyatanya tidak menganulir gol tersebut dan tetap menganggapnya sebagai gol yang sah setelah sempat melihat peristiwa tersebut secara detail melalui VAR.

Baca Juga:
Pelatih dan Manajer Mundur, PSG Pati Pede Hadapi Persijap Jepara

Setelah gol dianggap sah, timnas Prancis pun sukses mempertahankan keunggulan ini dan mereka meraih gelar UEFA Nations League edisi kedua.

Pelatih timnas Spanyol, Luis Enrique, pun angkat bicara menanggapi gol kontroversial yang membuat La Furia Roja tumbang pada laga tersebut.

Enrique merasa kesal dengan keputusan wasit. Sebab, dia meyakini sepenuhnya apabila Mbappe berada dalam posisi offside.

“Bagi saya, gol itu tampak jelas seperti offside. Namun, saya tidak mau berbicara mengenai apa pun yang tidak dapat saya kendalikan,” ujar Enrique dikutip dari Football Espana, Senin (11/10/2021).

“Hal ini jelas meninggalkan perasaan yang tidak enak. Pasalnya, saya harus melihat wajah sedih anak asuh saya dan seluruh penggemar timnas Spanyol,” dia menambahkan.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More