Rauhanda Riyantama
Selebrasi striker Bayern Munchen, Robert Lewandowski usai bikin empat gol ke gawang Red Star Belgrade. (ANDREJ ISAKOVIC / AFP)

Bolatimes.com - Beberapa pemain sepak bola ternyata tercatat di dalam buku rekor dunia atau juga dikenal dengan Guinness World Records atas torehan rekor yang mereka catatkan.

Rekor biasanya identik dengan sebuah prestasi atau pencapaian seorang pesepak bola selama berkarier. Namun, dalam daftar pesepak bola dengan rekor dunia kali, tidak semua dihasilkan karena prestasi.

Berikut ulasan ringkas para pemain yang memiliki catatan rekor dunia.

Baca Juga:
Profil Axel Kei, Bocah 13 Tahun yang Lakoni Debut di Liga Amerika

1. Sebastian Abreu

Jika ada pemain yang paling sering berpindah klub, maka pemain itu adalah Sebastian Abreu. Pada Mei 2021 lalu, dia dinobatkan sebagai pemain dengan jumlah klub profesional terbanyak, yaitu 32 klub.

Klub profesional terakhir yang ia bela adalah tim promosi Liga Uruguay, Sud America. Dia sempat memutuskan pensiun pada Juni lalu, lalu kembali bermain di klub kampung halamannya, Olimpia de Minas. 

Baca Juga:
Diambang Kebangkrutan, Ini Alasan Barcelona Tak Bisa Dibeli Investor

2. Claudio Pizarro

Hampir sama dengan Abreu, Pizzaro juga punya catatan rekor dunia soal bermain di klub. Pemain asal Peru ini tercatat sebagai pemain paling sering bergabung dengan klub yang sama, 5 kali.

Klub tersebut adalah Werder Bremen. Pertama kali Pizzaro datang ke Bremen pada 1999, kemudian pada 2008, 2009, 2015, dan terakhir 2018 hingga akhirnya dia pensiun di Bremen pada akhir musim 2019/20.

Baca Juga:
Kronologi dan Kontroversi Akusisi Newcastle United oleh Crazy Rich Saudi

3. Miroslav Klose

Kali ini catatan rekor dunia yang dimiliki oleh pemain hadir berkat pencapaian atau penampilan di atas lapangan. Klose merupakan pemegang rekor pencetak gol terbanyak di Piala Dunia dengan 16 gol.

Mantan bomber Bayern Munchen itu mencetak 5 gol pada debutnya di Piala Dunia 2002, juga 5 gol di Piala Dunia 2006, 4 gol di Piala Dunia 2010, dan terakhir 2 gol di Piala Dunia 2014.

Baca Juga:
Fanny Ghassani Bagikan Video Angkat Barbel, Pesonanya Bikin Netizen Salfok

4. Peter Crouch

Punya tinggi badan menjulang hingga 201 cm membuat Peter Crouch mampu mencatatkan rekor dunia sebagai pencetak gol dengan sundulan terbanyak di Liga Inggris yaitu 51 gol header.

51 gol sundulan itu dia cetak ketika membela Tottenham Hotspur, Liverpool, Portsmouth, Aston Villa, Southampton, dan Stoke City.

5. Robert Lewandowski

Sebagai salah satu bomber paling subur dan tajam di dunia saat ini, kualitas Lewandowski tak perlu diragukan lagi. Bahkan, pemain asal Polandia ini memiliki 4 catatan rekor dunia atas nama dirinya.

Pertama sebagai pencetak hattrick tercepat di Liga Jerman (3 menit 22 detik), pencetak 4 gol tercepat dalam 1 laga Liga Jerman (5 menit 42 detik), pencetak 5 gol tercepat di 1 laga Liga Jerman (8 menit 59 detik), dan terakhir pencetak gol terbanyak sebagai pemain pengganti dalam 1 laga Liga Jerman (5 gol).

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More