Irwan Febri Rialdi
Pemain Real Madrid James Rodriguez mengangkat trofi Liga Champions [AFP]

Bolatimes.com - Liga Qatar yang bernama Qatar Stars League menyedot banyak perhatian di musim panas ini. Salah satu alasannya kehadiran pemain berlabel bintang ke salah satu klub di liga tersebut.

Liga Qatar sendiri sudah sejak beberapa tahun terakhir menjadi destinasi yang dituju oleh pemain top yang sudah memasuki ujung karier mereka.

Melimpahnya dana yang dimiliki oleh klub-klub asal Qatar adalah faktor utama para pemain bintang ini bisa meramaikan Liga Qatar. Di musim ini tercatat ada beberapa pemain yang bisa dikategorikan sebagai pemain top di Liga Qatar.

Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1.Yacine Brahimi

Pemain berlabel top di Liga Qatar musim ini adalah winger asal Aljazair, Yacine Brahimi. Dia bergabung dengan Ar-Rayyan pada Juli 2019 dengan status bebas transfer dari FC Porto.

Pada musim perdananya di Liga Qatar, Brahimi mencetak 15 gol dan 5 assist dari 22 penampilan. Selain Porto, Brahimi pernah membela beberapa klub Eropa lain macam Granada dan Rennes.

2. Toby Alderweireld

Bek Tottenham Hotspur, Toby Alderweireld (Glyn Kirk/AFP)

Pemain asal Belgia ini bergabung dengan klub Liga Qatar, Al-Duhail, pada Juli 2021 dengan harga mencapai 13 juta euro atau Rp 215 miliar.

Kepindahan Alderweireld ini terbilang mengejutkan karena musim lalu dia masih jadi andalan lini belakang Tottenham Hotspur. Total pemain 32 tahun itu membela Spurs selama 6 musim.

3. Javi Martinez

Regenerasi pemain di kubu Bayern Munchen membuat Javi Martinez memutuskan pindah ke Qatar SC pada Juni lalu. Dia pindah setelah 9 musim membela Bayern.

Di Liga Qatar musim ini, pemain asal Spanyol tersebut sudah bermain 5 kali. Meski berposisi sebagai gelandang bertahan, dia pernah dipasang sebagai bek tengah di Qatar SC.

4. Steven Nzonzi

Pelatih AS Roma, Eusebio Di Francesco (kanan) melihat pemain AS Roma, Steven Nzonzi (tengah) melewati pemain Real Madrid, Dani Carvajal saat Liga Champions group G (AFP)

Pemain asal Prancis ini menjadi transfer paling baru yang dilakukan oleh Ar-Rayyan di musim in. Dia didatangkan pada 29 September lalu dengan status bebas transfer.

Nzonzi sebetulnya bermain untuk AS Roma pada 2018, namun terus dipinjamkan ke klub lain macam Galatasaray dan Rennes. Dia akhirnya memilih bergabung dengan Ar-Rayyan dengan durasi kontrak 2 tahun.

5. James Rodriguez

James Rodriguez tak pernah bermain bersama Everton saat di bawah asuhan Rafael Benitez. (Jon Super / POOL / AFP)

Salah satu transfer fantastis yang dilakukan oleh Ar-Rayyan di musim ini adalah mendatangkan mantan pemain Real Madrid dan Bayern Munchen, James Rodriguez.

Usia James sebetulnya masih 30 tahun, namun dia kesulitan mendapatkan tempat di klub-klub Eropa. Pemain asal Kolombia itu terakhir memperkuat Everton, namun hanya bertahan satu musim.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More