Rauhanda Riyantama
Bek Manchester City, Eliaquim Mangala. (Oli Scarff/AFP).

Bolatimes.com - Manchester City saat ini menjelma sebagai salah satu klub top di dunia. Kesuksesan City bertransformasi ini tidak lepas dari pembelian pemain bintang.

Kondisi ini juga disebabkan oleh hadirnya Sheikh Mansour yang mengakusisi Man City pada 2008. Sejak saat itu, gelontoran dana segar diberikan untuk klub yang bermarkas di Etihad Stadium tersebut.

Namun, selayaknya tim-tim lain, Manchester City pun pernah melakukan blunder dalam membeli pemain. Berikut ini deretan pembelian gagal The Citizens.

Baca Juga:
5 Bintang Masa Lalu Arsenal yang Masih Aktif Bermain sampai Sekarang

1. Eliaquim Mangala

Diprediksi bakal menjadi bek tengah yang tangguh, Manchester City rela merogoh kocek hingga 42 juta euro (Rp 702 miliar) untuk memboyong Eliaquim Mangala dari FC Porto pada 2014.

Tapi, keinginan City menguap jadi sekadar harapan karena serangkaian cedera membuat penampilan Mangala menurun. Setelah sempat dipinjamkan ke Everton dan Valencia, kini Mangala berstatus pemain permanen di Valencia.

Baca Juga:
So Sweet! 9 Momen Kaesang Ditemani Nadya Arifta saat Lihat Laga Persis Solo

2. Wilfried Bony

Pemain asal Pantai Gading ini dibeli Manchester City dengan harga 25 juta poundsterling dari Swansea City pada Januari 2015. Harga itu menunjukkan ekspektasi besar pada dirinya.

Akan tetapi, Wilfried Bony gagal menunjukkan performa terbaiknya. Dia cuma mencetak 10 gol dari 46 penampilannya bersama The Citizens.

Baca Juga:
Klasemen Grup C Liga 2 2021: Persis Solo Puncak, AHHA PS Pati FC Juru Kunci

3. Jack Rodwell

Tampil menjanjikan di Everton dan dianggap sebagai talenta muda berbakat Inggris, Jack Rodwell diboyong Man City pada 2012 dengan biaya 12 juta poundsterling.

Akan tetapi, saat itu dia tak bisa bersaing di lini tengah City yang dipenuhi para bintang, macam Yaya Toure, David Silva, James Milner, Samir Nasri, dan Fernandinho. Rodwell akhirnya cuma tampil 25 laga dalam dua musim.

Baca Juga:
Hasil Liga Champions Semalam: Liverpool Pesta Gol, PSG Tundukkan Man City

4. Jerome Boateng

Sebelum menjadi andalan Bayern Munchen, Jerome Boateng pernah diboyong oleh Manchester City pada 2010 dengan banderol 10,4 juta poundsterling.

City terpikat karena Boateng merupakan pemain muda yang potensial bersama Hamburger SV. Akan tetapi, dia mengalami cedera dan jarang mendapat tempat. Dia cuma tampil 24 kali sebelum akhirnya pindah ke Bayern di Juni 2011.

5. Jo

Didatangkan dengan harga 19 juta poundsterling usai tampil gemilang di CSKA Moscow, Jo justru tampil melempem bersama Manchester City. Namun, dia gagal menaklukkan kerasnya Premier League.

Alhasil, Jo banyak menghabiskan waktunya sebagai pemain pinjaman, mulai dari Everton hingga Galatasaray. Setelah kontraknya habis pada 2011, dia pindah ke klub asal Brasil, Internacional.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More