Rauhanda Riyantama
Alan Shearer memegang trofi Turnamen Prancis (Vincent Amalvy/AFP)

Bolatimes.com - Premier League dikenal sebagai salah satu liga tersulit di dunia. Permainan keras dan cepat terkadang membuat beberapa penyerang tajam melempem saat menjajal sepak bola Inggris.

Gaya bermain ‘Kick n Rush’ menjadi citra yang menempel di Premier League sejak pertama bergulir pada 1992 silam. Nyatanya gaya bermain yang keras dan cepat ini sulit membuat para pemain beradaptasi.

Kesulitan beradaptasi ni paling sering didapatkan para penyerang. Tak heran jika banyak penyerang tajam yang seketika tiba di Premier League malah kehilangan ketajamannya.

Baca Juga:
Jadwal Liga Italia Pekan Ini: Inter Ditantang Bologna, Milan Lawan Juventus

Sebagai contoh ada nama Timo Werner. Sebelum tiba ke Premier League pada musim panas 2020, ia memiliki status sebagai bomber tajam di Bundesliga Jerman.

Di musim terakhirnya di Bundesliga bersama RB Leipzig pada 2019/20, Werner mampu melesakkan 28 gol dari 34 laga. Torehan itu membuat Chelsea mendatangkannya pada 2020.

Setibanya di Inggris dan bermain untuk Chelsea, Werner urung menunjukkan kemampuannya mencetak gol. Di musim perdananya di Premier League, ia hanya mampu melesakkan enam gol bersama The Blues.

Baca Juga:
Jadwal Liga Spanyol Pekan Ini: Valencia Tantang Real Madrid

Dengan torehan tersebut serta banyaknya sorotan ke Premier League, cap ‘Flop’ atau gagal pun seketika mampir ke Werner. Olok-olok terus menerus mengalir kepadanya saat bermain.

Meski demikian, ada pula beberapa penyerang yang nampak tak butuh adaptasi dan malah langsung nyetel dengan permainan Premier League.

Bahkan, para penyerang ini mampu mencetak 100 gol dalam jumlah penampilan yang sedikit. Siapa saja para penyerang tersebut?

Baca Juga:
Jadwal Liga Inggris Pekan Ini: Derby London Tottenham Vs Chelsea

10. Robin van Persie

Robin van Persie mencetak gol ke-100 nya di Premier League kala membela mencetak Hattrick ke gawang Southampton saat berseragam Manchester United.

Pemain asal Belanda ini mencetak 100 gol hanya dalam 197 pertandingan liga di mana 96 gol di antaranya ia cetak kala berseragam Arsenal.

Baca Juga:
Bikin Ngakak, Pemain Ini Dikartu Merah karena Kentut di Lapangan

9. Andy Cole

Penyerang berkebangsaan Inggris ini merupakan striker tajam yang pernah membela Man United. Ketajamannya pun sempat melahirkan duet mematikan bersama Dwight Yorke.

Andy Cole sendiri tercatat banyak membela klub-klub Premier League. Sama seperti Van Persie, gol ke-100 nya ia dapat saat berseragam Man United di laga ke-185 di liga.

8. Michael Owen

Saat pertama kali muncul, nama Michael Owen begitu dipuja-puja. Saat itu, ia dicap sebagai salah satu calon penyerang terbaik sepanjang sejarah Inggris.

Peraih Ballon d’Or 2001 ini bahkan telah mencetak 100 gol di Premier League saat membela Liverpool, tim pertamanya. Untuk mencetak jumlah tersebut, ia hanya membutuhkan 185 pertandingan saja di kancah liga.

7. Les Ferdinand

Newcastle United kerap memiliki penyerang hebat sejak bergulirnya Premier League. Salah satu penyerang terbaik yang pernah dimiliki The Magpies adalah Les Ferdinand.

Duet dari Alan Shearer ini terkenal akan ketajamannya. Bahkan, ia mampu melesakkan 100 gol di Premier League hanya dalam 178 penampilan di mana catatan itu ia buat saat membela Newcastle United.

6. Robbie Fowler

Selain Michael Owen, Liverpool juga punya penyerang tajam lainnya yakni Robbie Fowler. Ketajamannya bahkan membuatnya mendapat julukan ‘God (Tuhan)’ dari penggemar The Reds.

Ketajamannya sendiri terlihat dari torehannya di mana ia melesakkan 100 gol di Premier League hanya dalam 175 pertandingan. Torehan ini sendiri ia buat saat berseragam Liverpool.

5. Mohamed Salah

Lagi-lagi dari Liverpool, kali ini ada nama Mohamed Salah yang baru saja masuk dalam jajaran elit sebagai pemain yang mencetak 100 gol di Premier League.

Salah mencetak gol ke-100 nya di Premier League kala Liverpool mengalahkan Leeds United. Tak tanggung-tanggung, ia mencetak 100 gol di liga hanya dari 162 laga saja.

4. Thierry Henry

Catatan apik Salah tersebut nyatanya belum menggusur nama Thierry Henry di daftar nomor 4 pencetak 100 gol tercepat di Premier League.

Henry mencetak 100 gol hanya dari 160 pertandingan saja yang ia cetak bersama Arsenal. Ketajamannya sebagai penyerang terlihat dari gelar top skor yang ia dapatkan sebanyak 4 kali.

3. Sergio Aguero

Masih ingat dengan video Pep Guardiola menangis sambil mengatakan bahwa tak ada sosok yang bisa menggantikan Sergio Aguero di akhir musim 2020/21?

Ucapan tersebut benar adanya jika melihat catatan sang pemain. Aguero mampu mencetak 100 gol di Premier League bersama Manchester City hanya dalam 142 laga saja.

2. Harry Kane

Inggris memang banyak melahirkan penyerang hebat. Untuk generasi saat ini, ada nama Harry Kane yang mampu menyabet 3 gelar top skor Premier League.

Ketajamannya itu juga tercermin dalam daftar ini di mana Kane mampu mencetak 100 gol di Premier League hanya dalam 141 pertandingan saja.

1. Alan Shearer

Tak elok rasanya bila tak menyertakan nama pencetak gol terbanyak sepanjang masa Premier League yakni Alan Shearer dalam daftar ini.

Pria yang telah melesakkan 260 gol di Premier League ini mampu mencetak 100 gol hanya dalam 124 penampilan saja sepanjang kariernya membela Blackburn Rovers dan Newcastle United.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Load More