Rauhanda Riyantama
Philippe Coutinho menendang penalti saat melawan Sevilla pada 30 Januari 2019 (Lluis Gene/AFP)

Bolatimes.com - Sebagai klub papan atas, Barcelona banyak dihuni dan mendatangkan pemain berlabel bintang. Meski demikian, beberapa pesepak bola berstatus bintang itu malah meredup pascabergabung Blaugrana.

Layaknya klub-klub besar lainnya, Barcelona tergolong royal dalam membeli pemain di bursa transfer. Bahkan, Blaugrana tak segan mengeluarkan uang hingga triliunan rupiah demi mendapatkan satu pemain.

Sederet bintang papan atas pun banyak didatangkan Barcelona tiap tahunnya. Sebagian pemain bintang ini ada yang berhasil dan langsung membawa Blaugrana berjaya, dan ada pula yang malah meredup.

Baca Juga:
Fanatik, Deretan Artis Indonesia yang Ternyata Fans Klub Sepak Bola Eropa

Lantas, siapa saja pemain berlabel bintang yang meredup usai membela Barcelona?

1. Philippe Coutinho

Philippe Coutinho menjadi salah satu pemain berlabel bintang yang diboyong Barcelona. Tak tanggung-tanggung, mahar 120 juta euro dikeluarkan Blaugrana untuknya.

Baca Juga:
Sebelum Gabung FK Senica, Egy Maulana Sempat Diminati Klub Jepang dan Korea

Besarnya mahar tersebut diberikan Barcelona setelah melihat penampilan apik Coutinho bersama Liverpool. Memang pemain asal Brasil ini merupakan tulang punggung The Reds sejak 2013.

Sayangnya transfer mahal ini menjadi mimpi buruk bagi Barcelona dan Coutinho sendiri. Bagi Blaugrana, transfer ini tak berhasil karena sang pemain melempem dan lebih banyak cedera.

Sedangkan bagi Coutinho, transfer ini membuat pamornya meredup. Kendati sempat dipinjamkan ke Bayern Munich, nyatanya status bintangnya urung kembali sehingga ia dicap sebagai pembelian gagal Barcelona.

Baca Juga:
Profil Thomas Muller yang Hobi Bobol Gawang Barcelona

2. Antoine Griezmann

Sama seperti Coutinho, Griezmann diboyong dengan mahar fantastis yakni lebih dari 100 juta euro dari Atletico Madrid pada 2019 silam.

Griezmann didatangkan karena pamor dan penampilan yang ia miliki bersama Atletico Madrid. Barcelona menganggap, ia akan menjadi tambahan kekuatan untuk skuatnya saat itu.

Baca Juga:
Dicibir Karena Transgender, Petarung MMA Ini Curhat Dinodai Komentar Jahat

Sayangnya, pamor Griezmann seketika meredup usai bergabung Barcelona. Status kebintangannya tertutupi oleh pamor Lionel Messi kala itu.

Bahkan, saat ini Griezmann malah dilepas Barcelona dengan status pinjaman ke Atletico Madrid dengan opsi pembelian secara permanen yang jauh lebih murah dari harga beli Blaugrana.

3. Miralem Pjanic

Miralem Pjanic mungkin menjadi salah satu pembelian teraneh Barcelona. Pasalnya, ia didatangkan setelah Blaugrana melepas Arthur ke Juventus.

Pjanic datang dengan mahar sekitar 60 juta euro. Harga sebesar itu menggambarkan kualitas yang ia miliki sebagai jenderal di lini tengah.

Sayangnya, status salah satu gelandang terbaik yang Pjanic miliki meredup seiring bergabung Barcelona. Ia kesulitan menembus starting line up dan bersaing dengan gelandang lainya.

Bahkan, kariernya bersama Barcelona bisa saja tak bertahan lama. Setahun pasca bergabung, Pjanic malah dilepas dengan status pinjaman ke klub Turki, Besiktas.

4. Arda Turan

Bukan Griezmann saja bintang Atletico Madrid yang meredup pasca bergabung Barcelona. Sebelumnya ada nama Arda Turan.

Arda Turan dikenal sebagai gelandang pekerja keras dan motor permainan Atletico Madrid semasa bermain. Karenanya, Barcelona pun lantas mendatangkannya di 2015.

Sayangnya karier Arda Turan meredup bersama Blaugrana. Bahkan pada 2018 ia dilepas dengan status pinjaman ke klub Turki, Istanbul Basaksehir. Pada 2020, Barcelona lantas melepasnya secara gratis ke Galatasaray.

5. Malcom

Pada musim panas 2018, dunia transfer dikejutkan kala Barcelona menikung AS Roma dalam perburuan winger asal Brasil, Malcom.

Malcom mendapat status bintang di usia muda setelah tampil apik bersama Girondins Bordeaux. Hal tersebut membuatnya menjadi incaran tim-tim papan atas dunia.

AS Roma saat itu bahkan telah mencapai kesepakatan personal dengan Bordeaux dan sang pemain. Namun, Barcelona datang dan Malcom pun memilih bergabung Blaugrana dengan harga Rp712 miliar.

Sayangnya, di Barcelona pamor Malcom meredup. Bahkan ia hanya mampu bertahan satu musim saja dan dilepas pada 2019 ke Zenit St Petersburg.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Load More