Rauhanda Riyantama
Potret jersey ketiga Ajax Amsterdam yang terinspirasi dari Bob Marley. (AFP)

Bolatimes.com - Federasi Sepak Bola Eropa (EUFA) mengeluarkan aturan cukup aneh dengan melarang Ajax Amsterdam mengenakan jersey Bob Marley saat tampil di Liga Champions.

UEFA memiliki alasan tersendiri melarang jersey Bob Marley milik Ajax Amsterdam dilarang dipakai ketika berlaga di ajang Liga Champions.

Logo di belakang jersey berupa gambar tiga burung yang menjadi alasan UEFA melarang jersey Bob Marley Ajax Amsterdam dicekal untuk Liga Champions.

Baca Juga:
Makan Malam Bersama Anak, Gaya Ibu Cristiano Ronaldo Curi Atensi

Gambar tiga burung berwarna merah, kuning dan hijau di bagian belakang kerah jersey ini memang terinspirasi dari salah satu lagu terkenal mendiang Bob Marley.

Berjudul Three Little Birds, sementara lagu tersebut sudah akrab dinyanyikan para fan Ajax sejak 2008 silam.

Potret jersey ketiga Ajax Amsterdam yang terinspirasi dari Bob Marley. (Twitter/@FootyAccums)

Menurut laporan Goal International, logo tersebut sudah tak lagi terlihat sejak Ajax bertanding melawan PEC Zwolle, Sabtu (11/9/2021) dan menang 2-0.

Baca Juga:
Kesaksian Ferguson di Balik Gagalnya Ronaldo Gabung Manchester City

Dalam laporan yang sama juga disebutkan jika UEFA memandang logo tersebut sebagai ekspresi yang berbeda dari beberapa elemen.

Seperti logo sponsor, logo bahu hingga logo klub itu sendiri, sehingga dilarang untuk ditampilkan sesuai dengan penjelasan Ajax.

"UEFA melihat logo itu sebagai ekspresi yang berbeda dari logo klub, sponsor atau bahu. Dan hal itu tidak diizinkan," bunyi pernyataan Ajax.

Baca Juga:
Profil Demba Ba, Striker Penggagal Liverpool Juara yang Resmi Pensiun

Jersey Bob Marley yang juga alternatif ketiga Ajax untuk musim ini dirilis pada Agustus 2021 dengan mengusung tema legenda musim asal Jamaika.

Bermula dari laga ujicoba melawan Cardiff City, suporter Ajax di markas Cardiff diminta untuk tetap berada di stadion setelah laga bubar.

Kemudian diputarlah lagu Three Little Birds yang ternyata disambut meriah oleh para suporter, sejak saat itu lagu ini wajib diputar setiap Ajax berlaga.

Baca Juga:
Rayakan Debut Manis di Man United, Ronaldo Traktir Ibunya Makan Malam

Cedella Marley selaku anak Bob Marley mengaku sangat tersentuh setelah lagu mendiang ayahnya dijadikan sebagai anthem Ajax Amsterdam.

Diakui oleh Cedella jika sepak bola menjadi salah satu hal yang penting bagi ayahnya, bentuk kebebesan yang diusung Bob Marley ketika masih aktif bermusik.

"Saya sangat tersentuh Ajax menjadikan Three Little Birds sebagai lagu mereka, kisah-kisah ini menyentuh hati saya," ucap Cedella.

"Dan menunjukkan betapa kuatnya lagu-lagu seperti Three Little Birds. Sepak bola adalah hal penting bagi ayah saya dan dia pernah berkata.

"Bahwa 'Sepak bola adalah kebebasan'." imbuhnya.

Kontributor: Eko
Load More