Husna Rahmayunita
Trofi Piala Dunia Antarklub. [AFP/ Giuseppe CACACE]

Bolatimes.com - Badan sepak bola dunia (FIFA) mengumumkan Asosiasi Sepak Bola Jepang atau JFA mengundurkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia Antarklub 2021.

Adapun alasan pengunduran diri ini yakni karena situasi pandemi Covid-19. Jepang memutuskan untuk memperpanjang status keadaan darurat Covid-19 guna menekan gelombang infeksi baru pada Kamis (9/9/2021).

"FIFA mengonfirmasi bahwa telah diinformasikan hari ini oleh JFA bahwa, karena pandemi COVID-19 dan situasi tuan rumah di negara tersebut, mereka tidak lagi dalam posisi untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia Antarklub FIFA 2021," demikian sebuah pernyataan FIFA seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga:
Hadapi Persela, Persib Bandung Sudah Diperkuat Geoffrey Castillion

Piala Dunia Antarklub mempertemukan juara dari enam konfederasi global sedianya digelar pada bulan Desember mendatang. Pada tahun lalu Jepang dipilih FIFA sebagai tuan rumah untuk kompetisi tersebut, yang awalnya diikuti oleh tujuh klub.

Jumlah partisipasi Piala Dunia Antarklub kemudian ditambah menjadi 24 tim, yang semula dijadwalkan untuk China pada Juni 2021 sebelum ditunda karena pandemi.

Terakhir kali Jepang menjadi tuan rumah turnamen tersebut adalah tahun 2016. Di tahun 2021 ini, Jepang pun memutuskan mundur sebagai tuan rumah turnamen tersebut.

Baca Juga:
Jacksen F Tiago Minta Todd Ferre Bisa Kendalikan Emosi

"FIFA ingin mengucapkan terima kasih kepada JFA atas kerja dan komitmen mereka serta berharap untuk kembali ke Jepang di masa depan. Rincian lebih lanjut tentang tuan rumah alternatif untuk Piala Dunia Antarklub FIFA 2021 akan diumumkan oleh FIFA pada waktunya," terang FIFA.

Load More