Rauhanda Riyantama
Gerrit Holtmann yang kini berseragam VfL Bochum. (INA FASSBENDER / AFP)

Bolatimes.com - Pemain naturalisasi Filipina, Gerrit Holtmann, menjadi perbincangan hangat setelah menampilkan aksi memukau pada pekan kedua Bundesliga 2021-2022.

Gerrit Holtmann, yang saat ini berstatus sebagai pemain VfL Bochum, sukses mengobrak-abrik sektor pertahanan FSV Mainz saat kedua tim berduel pada Sabtu (21/8/2021).

Saat itu, dia sukses melewati total enam pemain FSV Mainz dan mengakhiri aksinya dengan lesakkan ke gawang lawan.

Baca Juga:
Tak Banyak yang tahu, Ini Arti Tato Kecupan Bibir di Perut Lionel Messi

Gol yang tercipta pada menit ke-21 ini sekaligus membuka keunggulan Bochum atas FSV Mainz 05. Bochum akhirnya menambah satu gol untuk memastikan kemenangan 2-0 atas tim lawan.

Bagi Bochum, ini menjadi kemenangan pertama mereka sejak promosi ke Bundesliga. Pada laga sebelumnya, mereka meraih hasil minor setelah tumbang 0-1 dari Wolfsburg.

Sementara itu, bagi Gerrit Holtmann, satu gol ini terasa begitu spesial. Sebab, ada sejarah yang terukir dari aksi impresif itu.

Baca Juga:
4 Pemain Top Alumni Chievo Verona, Ada yang Pernah Main di Liga Indonesia

Holtmann tercatat sebagai pemain Filipina dan ASEAN pertama yang sukses mencetak gol di pentas Bundesliga.

Gerrit Holtmann yang kini berseragam VfL Bochum. (INA FASSBENDER / AFP)

Profil Gerrit Holtmann

Gerrit Holtmann merupakan pemain kelahiran Bremen, Jerman, pada 25 Maret 1995. Ia tercatat sebagai pemain binaan Werder Bremen.

Baca Juga:
Profil Chievo Verona, Klub Italia yang Resmi Bubar karena Bangkrut

Dia berlatih di sana bersama Werder Bremen Youth sejak tahun 2010. Ia terus naik level dan sempat memperkuat Werder Bremen di berbagai kelompok usia.

Saat ini, pemain yang biasa beroperasi sebagai penyerang atau sayap kiri ini bermain untuk VfL Bochum. Sebelumnya, Gerrit Holtmann didatangkan oleh VfL Bochum pada bursa transfer musim panas tahun 2020.

Ketika itu, pemain berkaki kidal ini direkrut Bochum dari FSV Mainz 05 pada 4 Agustus 2020. Musim lalu, dia menjadi sosok penting di balik keberhasilan Bochum menjuarai kompetisi kasta kedua Liga Jerman.

Baca Juga:
Ejek Dada Pesepak Bola Wanita, Presiden Tanzania Banjir Hujatan

Dari total 30 penampilannya, Holtmann sukses mencetak empat gol dan enam assist untuk Bochum. Keberhasilan ini membuat Bochum berhak naik kasta untuk tampil di Bundesliga atau kasta tertinggi pada musim 2021-2022.

Dikutip dari Tiebreakertimes, Holtmann mendapatkan paspor Filipina lewat jalur naturalisasi sejak Maret 2021 karena ibunya.

Meskipun Holtmann pernah mencatatkan penampilan bersama timnas Jerman U-20, tapi ia masih bisa memperkuat timnas Filipina.

Pada Juni lalu, misalnya, pemain berusia 26 tahun ini dipanggil untuk memperkuat timnas Filipina pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Namun, karena urusan administrasi dan kelengkapan dokumen yang masih belum selesai, ia tak bisa memperkuat Timnas Filipina.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More