Rabu, 08 Desember 2021
Rauhanda Riyantama : Kamis, 29 Juli 2021 | 08:24 WIB

Bolatimes.com - Sebelum terkenal bersama boy band Westlife, Nicky Byrne ternyata pernah menjadi pesepak bola profesional. Ia mengecap karier sebagai kiper.

Sejak kecil nyatanya Nicky memang menggemari sepak bola. Di usia yang masih dini, Nicky tercatat pernah bermain untuk tim di kampung halamannya, Dublin, Irlandia, Home Farm dan St. Kevins Boys.

Nicky sendiri bermain sebagai penjaga gawang dan disebut-sebut pernah mendapat penghargaan Kiper Muda Terbaik Eropa saat remaja.

Ketika usinya menginjak 17 tahun, Nicky lantas memulai karier sebagai pesepak bola profesional dengan bergabung bersama klub asal Inggris, Leeds United.

Di Leeds, Nicky Byrne tercatat masuk ke dalam skuat yang meraih titel FA Youth Cup 1997. Saat itu, Leeds United junior diisi oleh pemain-pemain muda potensial macam Harry Kewell, Paul Robinson, hingga Alan Mayburry.

Nicky Byrne. (Dok. Gantigol)

Masa-masanya di Leeds United nyatanya tak berjalan mudah. Dia dikabarkan mengalami homesick karena jauh dari rumah dan kekasihnya, Georgina Ahern, yang sudah dikencaninya sejak 1995.

Setelah masa kontraknya selama dua tahun selesai, Nicky akhirnya meninggalkan Leeds. Dikabarkan pula bahwa pelatih Leeds United Junior saat itu, George Graham, menilai Nicky terlalu pendek sebagai penjaga gawang.

Berstatus tanpa tim, Nicky sempat bermain untuk tim cadangan Scarborough dan menjalani trial dengan Cambridge United. Nicky kemudian kembali ke Dublin dan bergabung bersama Shelbourne.

Setelah dari situ, Nicky Byrne bergabung dengan tim Irlandia lainnya, Cobh Ramblers. Di sana dia tercatat tampil sebanyak 15 kali di semua kompetisi. Tak bertahan lama, Nicky kemudian pindah ke St. Francis FC.

Tak lagi melanjutkan karier sepak bolanya, Nicky kemudian mengikuti audisi untuk boy band Irlandia, Boyzone. Namun, Nicky kemudian diarahkan untuk bergabung dengan boyband baru Irlandia saat itu, Westlife.

Nicky bergabung bersama Kian Egan, Mark Feehily, Shane Filan dan Brian McFadden. Bersama Westlife, Nicky Byrne menghasilkan 11 album studio dan melahirkan banyak hits mendunia.

Meski sudah pensiun dan banting stir jadi penyanyi, Nicky tak meninggalkan dunia sepak bola sepenuhnya. Ambil contoh pada 2009, dia bermain untuk Liverpool Legends XI dalam laga amal melawan All Star XI.

Nicky Byrne juga tercatat pernah berpartisipasi dalam Soccer Aid 2014 yang berlangsung di Old Trafford. Di laga tersebut dia menjadi satu-satunya pemain non-profesional yang mencetak gol.

Kontributor: Aditia Rizki

BACA SELANJUTNYA

Respons Cristiano Ronaldo usai Debut Manis Rangnick di Manchester United