Irwan Febri Rialdi
Sergio Ramos resmi gabung PSG. (Dok. PSG)

Bolatimes.com - Real Madrid dan Paris Saint Germain merupakan dua klub besar di liga masing-masing. Dua klub top ini tentu didukung oleh pemain yang terbaiknya. Bahkan beberapa pemain top diketahui pernah membela Real Madrid dan PSG. Seperti pada bursa transfer musim panas ini, Sergio Ramos resmi bela PSG. Selain Ramos, berikut pemain top yang pernah perkuat Real Madrid dan PSG.

1. Angel Di Maria

Gelandang PSG, Angel Di Maria (Jeff Pachoud/AFP)

Angel DI Maria diketahui pernah bela MU, PSG, dan Real Madrid. Winger handal asal Argentina ini masih aktif bela PSG. Sejauh ini, PSG menjadi klub yang paling lama ia bela selama 6 musim. Catatan statistiknya luar biasa, 264 laga dengan 88 gol dan 110 assist. Di Maria telah sukses raih 17 trofi bersama PSG, namun hingga kini Les Parisiens belum dapat meraih trofi impian mereka, yaitu Liga Champions.

Baca Juga:
Fakta Menarik Inggris Gagal Juara Euro 2020, Penantian Sia-sia 55 Tahun

Klub sebelumnya, Real Madrid dibelanya dari tahun 2010 hingga 2014. Ia telah mencatat 190 penampilan dengan 36 gol fan 85 assist. Sukses raih 6 trofi, termasuk trofi LaLiga dan Liga Champions.

2. Sergio Ramos

Sergio Ramos resmi gabung PSG. (Dok. PSG)

Ramos menjadi nama terbaru yang bela Real Madrid dan PSG. Ramos bernaung di bawah Real Madrid sejak 2005 dan keluar karena kontraknya tidak diperpanjang. Selama 16 musim bersama Madrid, Ramos tampil sebanyak 671 kali di semua kompetisi. Ia sukses cetak 101 gol dan 4 assist walau berposisi bek tengah.

Baca Juga:
Jarang Disorot, 5 Pesepak Bola Ini Ternyata Masih Aktif Bermain

Ramos saat ini mendapat kontrak hingga 2023 oleh klub PSG. Ia menjadi amunisi baru untuk klub tersebut dan kemungkinan akan diplot sebagai bek inti mulai musim depan.

3. Nicolas Anelka

Nicolas Anelka ketika berseragam Real Madrid. (Patrick Hertzog/AFP).

Striker top Prancis ini bermain di PSG sebagai klub pertamanya. Anelka bermain di PSG selama dua periode, yaitu musim 1996/1997 dan tahun 2000 hingga 2002. ANelka mencetak 19 gol dan 2 assist dalam 69 kali tampil. Anelka juga sempat bela Real Madrid di musim 1999/2000 dengan tampil 33 kali, 7 gol dan 6 assist. Ia juga pernah turut membawa trofi Liga Champions.

Baca Juga:
5 Fakta Menarik Timnas Italia usai Juara Euro 2020

4. Claude Makelele

Claude Makele kala berseragam PSG. (DANIEL ROLAND / AFP)

Claude Makelele menjadi pemain top Prancis yang membela PSG dan Real Madrid. Makelele masing-masing membela dua klub besar itu selama 3 musim. Ia pernah membantu 2 klub besar ini meraih trofi bergengsi, yaitu LaLiga, Liga Champions dan Coupe de France. Setelah pensiun, Makelele sempat menjadi asisten pelatih selama 2 tahun.

5. Lassana Diarra

Baca Juga:
Profil China, Tak Pernah Gagal Lolos ke Putaran Final Piala Asia U-23

Lassana Diarra ketika berseragam PSG. (Franck Fife/AFP)

Lassana Diarra adalah gelandang bertahan asal Prancis dan PSG merupakan klub terakhirnya sebelum gantung sepatu. Ia bergabung dengan PSG sejak Januari 2018 selama 1,5 musim dengan 19 kali tampil. DIarra juga pernah berseragam Real Madrid dari 2009-2012. Ia bermain 116 kali untuk Los Blancos dan meraih 3 trofi, LaLiga, Copa del Rey, dan Piala Super Spanyol.

6. David Beckham

Ibrahimovic dan Beckham kala masih berseragam Paris Saint-Germain.

Pemain legendaris Manchester United ini pernah berlabuh di Real Madrid pada 2003 setelah keluar dari MU. Beckham menjadi pemain Inggris yang sukses bermain di Spanyol selama 4 musim dengan 159 penampilan, 20 gol dan 51 assist.

Beckham menjadikan PSG sebagai klub terakhirnya pada 2013. Meski hanya bermain 14 kali, ia berhasil mencatat 2 assist dan membantu meraih trofi Ligue 1.

7. Gabriel Heinze

Gabriel Heinze kala berseragam PSG. (Frank Perry/AFP)

Sama seperti Beckham, Gabriel Heinze pernah bermain untuk MU, PSG, dan Real Madrid. PSG menjadi klub yang pertama ia bela dari tahun 2001 hingga 2004. Kala itu PSG belum besar sekarang. Ia tampil sebanyak 132 kali dengan mencetak 8 gol dan 4 assist.

Heinze kemudian pindah ke Real Madrid pada 2007. Ia dikontrak selama 4 tahun dan bertahan hingga 2009. Ia kemudian main 60 kali dalam 2 musim di Real Madrid dan meraih 2 trofi, LaLiga dan Piala Super Spanyol.

Itulah nama 7 pemain top yang pernah membela Real Madrid dan Paris Saint Germain.

Kontributor: Yulia Kartika Dewi
Load More