Rauhanda Riyantama
Harry Kane dan Raheem Sterling pencetak gol Inggris vs Jerman Euro 2020. (AFP/Andy Rain)

Bolatimes.com - Raheem Sterling dan Harry Kane sukses cetak gol untuk Timnas Inggris pada laga babak 16 besar Euro 2020 dengan kemenangan 2-0 atas Jerman di Stadion Wembley, London, Selasa (30/6/2021). Inggris melenggang ke babak perempatfinal dan akan bertemu Ukraina di Glasgow, Roma. Hasil ini menjadi kemenangan pertama Inggris pada fase gugur atas Inggris di Euro 2020 sejak tahun 1966.

Gol pertama Inggris tercipta saat gelandang Jack Grealish dimasukkan lapangan pada menit ke 69. Enam menit kemudian, setelah Grealish melakukan operan cepat, bek sayap kiri Luke Shaw dengan cekatan menyelipkan bola melewati muka gawang untuk dieksekusi Sterling. Gol tersebut menjadi gol ketiga Sterling dalam empat laga Euro 2020.

Namun tak lama setelah cetak gol, Sterling hampir membuat Jerman menyamakan kedudukan saat ia melepas bola di garis tengah dan Kai Havertz mengoper Thomas Mueller ke gawang. Sayangnya tembakan Mueller melebar dari tiang gawang dan gagal mengoyak kiper Jordan Pickford.

Baca Juga:
Fakta-fakta Menarik usai Ukraina Singkirkan Swedia dari Euro 2020

Selanjutnya giliran Harry Kane yang membobol gawang Manuel Neuer pada menit ke-86. Mulanya Grealish melakukan umpan silang dari kiri kepada sang kapten untuk membobol kiper Manuel Neuer dengan sundulan membungkuk. Gol kedua untuk Inggris ini menjadi gol pertama sang kapten di turnamen Euro 2020.

Inggris berhasil ke perempatfinal Euro 2020 usai mengalahkan Jerman 2-0. (FRANK AUGSTEIN / POOL / AFP)

Fakta Menarik Inggris Singkirkan Jerman dari Euro 2020

Mari simak beberapa fakta menarik usai Inggris singkirkan Jerman dari Euro 2020.

Baca Juga:
6 Bintang Brasil yang Kariernya Tenggelam di Usia Emas

1.       Jerman mengalami kekalahan pertamanya di babak 16 besar dalam kejuaraan besar sekelas Piala Dunia dan Piala Eropa.

2.       Inggris mengulang sejarah dengan menghajar Jerman untuk pertama kalinya di fase knock-out di ajang Euro atau Piala Dunia sejak tahun 1966. Kala itu di tahun 1966, Inggris menundukkan Jerman 4-2 di final Piala Dunia.

3.       Inggris menjadi skuad tim kedua yang tidak mengalami kebobolan sejak empat laga di Piala Eropa. Jerman adalah tim kesebelasan pertama yang meraih rekor tidak kebobolan pada Euro 2016.

Baca Juga:
Lentur Banget saat Olahraga, Aura Cantik Fanny Ghassani Disorot

4.       Sejak diterapkan sistem fase gugur, laga kontra Jerman ini merupakan kali kedua Inggris menang di fase gugur. Kemenangan pertamanya terjadi di tahun 1966 ketika mengalahkan Spanyol.

5.       Sejak 1996, Inggris selalu melenggang ke perempat final Piala Eropa setiap delapan tahun. Setelah 1996, Inggris melaju ke perempat final Euro pada tahun 2004, 2012, dan 2020.

6.       Raheem Sterling telah membuahkan 15 gol dari 20 penampilan terakhir bersama timnas Inggris.

Baca Juga:
Liga 1 dan Liga 2 Ditunda, Ini Penjelasan PSSI dan PT LIB

Inggris akan melaju ke perempat final menghadapi Ukraina di Glasgow pada Sabtu mendatang. Mereka optimistis meraih kemenangan dan lolos ke semifinal hingga final di kandang sendiri, Stadion Wembley.

“Tim mana pun akan melihat kami dan tahu bahwa kami berbahaya. Kami ingin terus melaju, jadi kami harus mempertahankannya,” ujar Kane dikutip Reuters.

Demikian beberapa fakta menarik Inggris usai singkirkan Jerman dari Euro 2020. Saksikan terus penampilan The Three Lions hingga sukses memuncaki partai Final Euro 2020.

Kontributor: Yulia Kartika Dewi
Load More