Husna Rahmayunita
Pelatih Jerman, Joachim Low. (Sumber: Daily Express).

Bolatimes.com - Tim nasional Jerman memupuskan harapan di Euro 2020 setelah kalah dari Inggris. Jerman keok 0-2 saat berlaga di Wembley, London, Selasa (29/6/2021) hingga gagal ke perempat final Euro 2020.

Kekalahan ini menjadi kado pahit bagi pelatih Der Panzer, Joachim Loew. Betapa tidak, Loew memutuskan pensiun dari jabatan pelatih Timnas Jerman usai Euro 2020.

Sudah sekira 15 tahun, Loew membersamai Timnas Jerman. Ia akan menyerahkan tongkat estafet kepelatihan Timnas Jerman kepada mantan asistennya, Hansi Flick.

Baca Juga:
Daftar Tim Lolos Perempat Final Euro 2020, 4 Tim Besar Bakal Beradu

"Setelah 15 tahun menekuni pekerjaan ini, dengan segala tanggung jawab yang menyertainya, mengambil jeda adalah sebuah keharusan," kata Loew selepas laga dikutip dari laman resmi UEFA.

"Akan ada waktunya ketika Anda menemukan energi baru untuk melakukan sesuatu yang berbeda," sambungnya.

Sebelum menangani Jerman pada 2006 menggantikan Juergen Klinsmann, rekam jejak kepelatihan Loew tidak begitu mentereng kecuali raihannya membawa VfB Stuggart juara DFB Pokal 1997 dan runner-up Piala Winners setahun berselang.

Baca Juga:
Hasil Euro 2020 Semalam: Inggris Depak Jerman, Ukraina Bikin Sejarah

Pelatih berusia 61 tahun itu membantu Tirol Innsbruck mempertahankan gelar juara Liga Austria yang membuatnya dipinang Austria Wien pada 2002.

Semenjak mewarisi kursi pelatih Jerman dari Klinsmann, Loew mengantarkan Tim Panzer ke runner-up Euro 2008, peringkat ketiga Piala Dunia 2010 dan jadi juara dunia empat tahun kemudian.

Sayangnya, penampilan mengecewakan di Piala Dunia 2018 yang diikuti berbagai hasil memalukan di berbagai ajang menimbulkan pertanyaan akan masa depan Loew di Jerman.

Baca Juga:
Menang Dramatis, Ukraina Cetak Sejarah Lolos Perempat Final Euro 2020

DFB mengkonfirmasi Loew bakal meninggalkan posnya di timnas Jerman selepas turnamen Euro 2020 pada 9 Maret 2021. Posisi Loew akan digantikan oleh Flick yang sempat mendampingi Loew sebagai asisten kala juara Piala Dunia 2014.

Setelah pensiun dari kepelatihan Jerman, Joachim Loew pun mengaku belum memiliki rencana lainnya.

"Saat ini, saya tidak punya rencana konkret," tutupnya. (Antara)

Baca Juga:
Jimat Kemenangan Inggris, Raheem Sterling Justru Puji Pemain Ini

Load More