Irwan Febri Rialdi
Selebrasi Haris Seferovic usai menjebol gawang Prancis di Euro 2020. (Justin Setterfielda/AFP)

Bolatimes.com - Hingga akhir laga Swiss kontra Prancis,menuju perempat final Euro 2020, hasil skor imbang 3-3 sebelum diputuskan adu penalti. Striker timnas Swiss, Haris Seferovic berkontribusi dengan mencetak gol pertama di menit ke-15. Berikut profil Seferovic selengkapnya.

Swiss mengalahkan juara dunia Prancis dengan skor 5-4 melalui adu penalti pada laga babak 16 besar Euro 2020, Senin (28/6/2021) di Bucharest. Hasil ini diperoleh ketika Kylian Mbappe gagal membobol gawang Swiss. Pada laga ini, Haris Seferovic menunjukkan ketajamannya dengan dua gol.

Keunggulan pertama Swiss pada menit ke 15 dibuka dengan gol melalui tandukan Haris Seferovic menyambut umpan lambung Steven Zuber. Swiss sementara memimpin pertandingan hingga turun minum.

Baca Juga:
Profil Jadon Sancho, Bintang Inggris yang 'Besar' di Liga Jerman

Pada babak kedua, Prancis membalas dengan mencetak tiga gol lewat gol sepasang Karim Benzema (57’ dan 59’) dan gol spektakuler Paul Pogba (75’). Tak sampai situ, Swiss membobol gawang Les Bleus lewat gol kedua yang diciptakan Haris Seferovic di menit ke 81. Dan skor imbang 3-3 setelah Mario Gavranovic cetak gol ketiga untuk Swiss.

Profil Haris Seferovic

Dua gol yang diciptakan Seferovic melawan Prancis, menambahkan koleksi golnya di Euro 2020 menjadi tiga buah. Sebelumnya, penyerang 29 tahun itu mencetak satu gol ketika Swiss unggul 3-1 atas Turki pada matchday 3 fase grup A.

Baca Juga:
Wajib Diwaspadai, Ini 3 Pemain Kunci Timnas Inggris untuk Hadapi Jerman

Haris Seferovic yang lahir pada 22 Februari 1992 di Sursee, saat ini bermain untuk Benfica, klub top Liga Portugal sejak 2017. Sebelum merapat ke Benfica dan menjadi pentolan di sana, Seferovic dikenal sebagai striker petualang atau sering berpindah-pindah klub. Seferovic sebelum berseragam Benfica tercatat pernah berkecimpung di dalam 7 klub berbeda.

Seferovic memulai karir juniornya di klub Sursee, Lucerne dan karir seniornya dimulai di Grasshopper. Ia kemudian beralih ke Fiorentina pada 2010, kemudian sempat dipinjamkan ke Neuchatel Xamax dan Lecee. Sebelum bernaung di Benfica, Seferovic bermain di Eintracht Frankfurt sejak 2014.

Pada kompetisi teratas Liga Spanyol, Primeira Liga musim lalu, Haris Seferovic tampil apik dengan menyumbang 22 gol dari 31 penampilan.

Baca Juga:
3 Alasan Jerman akan Bungkam Inggris di Babak 16 Euro 2020

Kontributor: Yulia Kartika Dewi
Load More