Irwan Febri Rialdi
Timnas Brasil. (Sumber: World Soccer).

Bolatimes.com - Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang paling digemari di seluruh dunia. Setiap pertandingan sepak bola selalu dinanti-nanti oleh para penggemarnya untuk mendukung tim yang mereka dukung.

Setiap tim atau klub ingin memenangkan setiap pertandingan yang akan dihadapinya, tapi tidak semua pertandingan dapat berakhir dengan mulus.

Bahkan kekalahan tersebut menyebabkan luka yang mendalam yang akan selalu dikenang buruk oleh setiap pendukung maupun para penggemar sepak bola.

Baca Juga:
Profil Xavi Hernandez, Gelandang Top hingga Dijuluki The Puppet Master

Berikut ini adalah daftar kekalahan terbesar dalam sejarah sepak bola.

1.     Brasil 1-7 Jerman

Daftar kekalahan terbesar dalam sejarah sepak bola yang pertama adalah pertandingan semifinal Piala Dunia 2014 yang mempertemukan Brasil dengan Jerman. Pertandingan dengan skor akhir 1-7 tersebut dilaksanakan di kandang Brasil yakni di Stadion Belo Horizonte. Brasil tertinggal skor 0-5 dalam waktu 30 menit pertama. Hal itu membuat Brasil gagal melaju ke Final Piala Dunia 2014.

Baca Juga:
Profil Persis Solo, Klub Liga 2 yang Diakusisi Anak Presiden Jokowi

2.     Australia 31-0 American Samoa

Pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2002 mempertemukan Australia dengan American Samoa pada 11 April 2001. American Samoa hadir dengan skuad yang bermasalah seperti 19 pemain tidak dapat terbang ke Australia karena masalah paspor, para pemain U-20 tidak dapat tampil karena ujian sekolah dan sebagian besar pemain belum pernah bermain selama 90 menit.

3.     Manchester United 8-2 Arsenal

Baca Juga:
Mengenal Jenis Pelanggaran dalam Sepak Bola, Nomor 1 Paling Dibenci

Kemenangan atas Manchester United dari Arsenal terjadi di Stadion Old Trafford. Kala itu banyak dari pemain Arsenal absen karena cedera yang membuat pertahanan lini belakang tidak kokoh. Meski begitu, pelatih Manchester United pada saat itu tetap memberikan pujian kepada Arsenal terhadap pertandingan tersebut.

4.     FC Barcelona 6-1 Paris Saint-Germain

Pertandingan pada Liga Champions Eropa yang menghadirkan FC Barcelona dan Paris Saint-Germain. Pada leg pertama, Paris Saint-Germain unggul dengan skor 0-4 atas FC Barcelona. Namun pada leg kedua, FC Barcelona berhasil membalikkan keadaan dengan skor 1-6 di Camp Nou. Akhirnya FC Barcelona mendapatkan kemenangan dengan agregat 6-5 atas Paris Saint-Germain.

Baca Juga:
Profil Persib Bandung, Kandidat Kuat Jawara Liga 1 2021/2022

5.     Liverpool 4-0 Barcelona

Liverpool berhasil menumpas habis FC Barcelona dengan kemenangan 4-0 yang kemudian mengantarkan skuad The Reds maju ke Final Liga Champions 2018/2019. Liverpool pun keluar sebagai juara setelah mengalahkan Tottenham Hotspur. 

Kontributor: Muhammad Zuhdi Hidayat
Load More