Rauhanda Riyantama
Teemu Pukki sukses mengantarkan Finlandia lolos untuk pertama kalinya ke Piala Eropa edisi 2020. (The Sun/Lehtikuva)

Bolatimes.com - Ajang Euro selalu jadi pesta besar untuk negara-negara di Eropa, guna unjuk gigi kekuatan tim nasionalnya masing-masing. Meski demikian ternyata ada beberapa negara baru sekali tampil dalam gelaran ini.

Setidaknya, daftar 8 negara yang baru sekali tampil di Euro. Berikut dirangkum daftar negara yang baru sekali tampil di Euro.

1.       Makedonia Utara

Baca Juga:
Bungkam Austria, Italia Pecahkan Rekor yang Bertahan Selama 82 Tahun

Kapten Timnas Makedonia Utara, Goran Pandev, saat ditarik keluar di laga kontra Belanda.. (Peter Dejong/AFP)

Tim yang diperkuat salah satu pemain senior yang cukup populer, Goran Pandev, harus merelakan catatan debutnya di Euro 2020 dengan tidak lolos fase grup. Setelah gagal meraih kemenangan, Makedonia Utara harus puas hanya berlaga di fase grup saja.

2.       Finlandia

Finlandia juga tercatat dalam satu dari daftar 8 negara yang baru sekali tampil di Euro. Pada Euro 2020 kali ini, debutnya juga bernasib serupa dengan Makedonia Utara, hanya bisa bertahan di fase grup saja. Meski berhasil menumbangkan Denmark di laga perdana, namun mereka gagal melaju ke babak 16 besar.

Baca Juga:
Lolos ke Perempatfinal, Denmark Buat Sejarah Baru di Euro

3.       Islandia

Aksi Kylian Mbappe saat Prancis menghajar Islandia dengan skor 4-0 dalam partai Grup H Kualifikasi Piala Eropa 2020 di Stade De France, Selasa (26/3/2019) dini hari WIB. (FRANCK FIFE / AFP)

Berhasil menorehkan sejarah manis ketika menjalani debutnya di Euro 2016 lalu, tim yang didominasi pemain amatir ini bisa melaju hingga ke babak perempat final. Langkahnya kemudian terhenti kala harus menghadapi Perancis, yang berpredikat sebagai tuan rumah,

4.       Irlandia Utara

Baca Juga:
7 Sosok Wanita Cantik di Balik Performa Gemilang Para Top Skor Euro 2020

Melaju sampai ke babak 16 besar, Irlandia Utara juga terbilang cukup sukses menjalani debutnya di tahun 2016 lalu. Irlandia Utara sendiri harus mengakui kehebatan Wales, ketika ditumbangkan di pertandingan fase 16 besar.

5.       Albania

Berkat kesempatan yang diberikan untuk 24 tim guna berpartisipasi, Albania juga bisa menjalani debutnya di Euro 2016 lalu. Meski akhirnya gugur di fase grup, namun Albania sempat menorehkan satu kemenangan ketika melawan Rumania.

6.       Latvia

Pada gelaran Euro 2004 lalu, Latvia sukses mencatatkan namanya di jajaran peserta Euro. Sialnya setelah berhasil menyingkirkan Polandia dan Turki, mereka masuk ke grup neraka yang berisikan Jerman, Belanda, dan Republik Ceko.

7.       Slovenia

Gelaran Euro 2000 menjadi gelaran bersejarah untuk Slovenia, pasalnya mereka berhasil masuk menjadi salah satu peserta di pesta sepakbola Eropa ini. Dengan hasil akhir hanya 2 poin, mereka harus merelakan tempat di 16 besar dan pulang setelah gugur di fase grup.

8.       Norwegia

Hal yang sama juga terjadi pada Norwegia, yang juga mendapatkan kesempatan debut pada Euro 2000 lalu. Kala itu Norwegia tengah dihiasi bintang ternama dari tim terbaik di dunia. Namun kesempatan ini gagal dilaksanakan, dan mereka juga harus tersingkir.

Itu tadi daftar 8 negara yang baru sekali tampil di Euro di berbagai periode. Apakah menurut Anda pada gelaran Euro berikutnya akan ada tim-tim debutan yang kuat?

Kontributor: I Made Rendika Ardian
Load More