Irwan Febri Rialdi
Selebrasi penyerang Belgia, Romelu Lukaku usai membobol gawang Rusia di Euro 2020. (ANTON VAGANOV / POOL / AFP)

Bolatimes.com - Sudah ada 16 tim yang melenggang lolos ke babak 16 besar Euro 2020. Deretan tim unggulan seperti Inggris, Perancis, Belgia, dan Italia dipercaya akan menjuarai ajang bergengsi benua Eropa ini. Namun dalam setiap gelaran Euro, akan ada skuad tim yang akan memberi kejutan di setiap pertandingan yang berlangsung dan layak menyandang predikat kuda hitam.

Intip prediksi deretan tim kuda hitam di 16 besar Euro 2020 dikutip dari situs marca.com berikut ini.

1.       Belgia

Baca Juga:
Belum 24 Jam Tinggalkan Persija, Marc Klok Beberkan Klub Barunya

Selebrasi penyerang Belgia, Romelu Lukaku usai membobol gawang Rusia di Euro 2020. (ANTON VAGANOV / POOL / AFP)

Kekuatan Belgia sebagai peringkat pertama FIFA membuatnya sebagai tim superior. Skuad ini beruntung karena masih berada dalam masa keemasan Eden Hazard, Romelu Lukaku hingga Kevin de Bruyne.

Belgia sukses merajai klasemen Grup B babak penyisihan grup dengan total 9 poin dan 3 kali menang. Pertama, Rusia dihajar dengan skor 3-0 di Stadium Krestovsky. Lanjut pada matchday 2, Belgia unggul 2-1 atas Denmark dan ditutup dengan menghajar skor 2-0 atas Finlandia.

2.       Swedia

Baca Juga:
Gemparkan Netizen, Anya Geraldine Pose Santai Pakai Bikini di Pantai

Bek Swedia, Marcus Danielson, melanggar striker Polandia, Karol Swiderski. (Maxim Shemetov/AFP)

Swedia, Kuda hitam Euro 2020 melaju ke 16 besar usai kalahkan Polandia 3-2. Sumber: AP/Pool/Maxim Shemetov

Swedia layak menjadi salah satu kuda hitam yang lolos ke babak 16 besar Euro 2020. Walau tanpa kawalan juru andalan lini depan Ibrahimovic, Swedia tetap berpotensi jadi juara turnamen Euro 2020.

The Blue-Yellow mengejutkan patut diwaspadai oleh lawannya usai berhasil jadi raja Grup E mengungguli Spanyol. Pada pertandingan terkahir fase grup lawan Polandia, Swedia menang dramatis 3-2 melalui tendangan penalti Viktor Claesson menit 93.

Baca Juga:
Wow, 5 Pesepak Bola Dunia Ternyata Punya 'Kembaran' di Indonesia

3.       Denmark

Striker Timnas Denmark, Yussuf Poulsen, usai menjebol gawang Belgia di Euro 2020. (Stuart Franklin/AFP)

Denmark lolos ke babak 16 besar secara dramatis usai telan 3 kekalahan pada pertandingan pembuka. Denmark sempat tumbang lawan Belgia 2-1 dan ditundukkan Finlandia 1-0. Baru saat matchday 3, Denmark bangkit menumpas Rusia 4-1. Mengumpulkan 3 poin dan Keluar sebagai runner up grup B (di bawah Belgia), The Danish Dynamite akan meladeni Wales sebagai lawan pertama di fase 16 besar pada 26 Juni mendatang.

Bertabur pemain berbakat seperti Yussuf Poulsen, Kasper Schmeichel, Kasper Dolberg, dan Pierre-Emile Hojbjerg, Denmark dipantau menjadi kuda hitam di 16 besar Euro 2020 dengan pertahanan solid dan lini tengah yang cekatan. Hal ini penting untuk kuda hitam di babak 16 besar sebagai modal melangkah jauh di Euro 2020.

Baca Juga:
5 Rahasia Sukses Timnas Italia di Euro, Ciuman Keberuntungan hingga Pizza

4.       Italia

Gelandang Timnas Italia, Matteo Pessina merayakan gol yang dia ciptakan ke gawang Wales dalam matchday terakhir Grup A Euro 2020 di Stadion Olimpico, Roma, Italia, Senin (21/6/2021) dini hari WIB. ALBERTO LINGRIA / POOL / AFP

Italia membuka gerbang lebar-lebar sebagai juara Grup A dan tim pertama yang lolos ke babak 16 besar Euro 2020. Dengan catatan sempurna selama fase grup, tim besutan Roberto Mancini ini digaungkan sukses tembus hingga babak perempat final. Untuk kedua kalinya sejak Euro 1980, Gli Azzuri berhasil melampaui tiga pertandingan fase grup tanpa kebobolan.

Predikat kuda hitam untuk Italia jadi pacuan kuat menghadapi tim-tim kuat lainnya menuju babak semifinal dan final Euro 2020. Italia dijadwalkan bakal menjamu Austria pada babak 16 besar Euro 2020 pada Minggu (27/6/2021) di Stadion Wembley.

Itulah deretan kuda hitam di 16 besar Euro 2020. Yuk, dukung terus tim favorit kamu!

Kontributor: Yulia Kartika Dewi
Load More