Irwan Febri Rialdi
Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema di laga Portugal vs Prancis. (FRANCK FIFE / POOL / AFP)

Bolatimes.com - Fase grup Euro 2020 telah berakhir. Nah, di sepanjang penyisihan grup, sejumlah fakta tersaji, di antaranya rekor gol Cristiano Ronaldo.

Sebanyak 16 tim sudah memastikan tempat di babak 16 besar yang akan dimulai pada Sabtu, 26 Juni 2021 nanti.

Sebanyak empat tim terakhir yang lolos ke babak 16 besar adalah Spanyol, Jerman, Portugal dan Ukraina. Spanyol lolos menjadi runner-up di Grup E dan Jerman sebagai runner-up di Grup F.

Baca Juga:
Digosipkan Hengkang dari Persija karena Duit, Marc Klok Membela Diri

Pemain Portugal Cristiano Ronaldo menjebol gawang Jerman dalam pertandingan Euro 2020 Grup F di Fussball Arena, Munich, 19 Juni 2021. [AFP]

Sedangkan Portugal dan Ukraina dengan status tim peringkat ketiga terbaik di Euro 2020.

Sepanjang fase grup Euro 2020, terdapat berbagai kejadian unik yang tersaji. Berikut ini deretan fakta menarik selama fase grup Euro 2020 berlangsung.

1. Cristiano Ronaldo menjadi Topskor Euro 2020

Baca Juga:
4 Pesepak Bola Dicap Playboy, Salah Satunya Legenda Manchester United

Mega bintang Juventus dan Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo menjadi penceetak gol terbanyak di fase grup Euro 2020 dengan mencetak 5 gol serta 1 assist.

Dilanjutkan dengan nama Patrik Schick (Republik Ceko), Emil Forsberg (Swedia), Romelu Lukaku (Belgia), Georginio Wijnaldum (Belanda) dan Robert Lewandowski (Polandia) yang mencetak masing-masing tiga gol.

2. Kacper Kozlowski menjadi Pemain Termuda Euro 2020

Baca Juga:
Kocak! Benzema 'Ikuti' Instuksi Ronaldo di Tengah Laga Portugal Vs Prancis

Gelandang Timnas Polandia, Kacper Kozlowski menjadi pemain termuda dalam sejarah pertandingan Piala Eropa. Kacpet Kozlowski berusia 17 tahun 246 hari ketika bertanding melawan Spanyol pada fase grup pada 19 Juni 2021.

3. Cristiano Ronaldo Pencetak Gol Terbanyak di Pentas Internasional

Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo menyamai rekor Ali Daei sebagai pencetak gol terbanyak di panggung internasional. Dua gol ke gawang Timnas Prancis pada matchday ke-3 membuat dirinya telah mengoleksi 109 gol.

Baca Juga:
Anya Geraldine Kembali Pamer Pose Berbikini Putih, Netizen: Meresahkan

4. Gol Terbanyak dalam Sehari

Sebanyak 18 gol telah tercipta pada empat pertandingan di hari terakhir babak penyisihan fase grup Euro 2020. Jumlah gol tersebut memecahkan rekor gol terbanyak dalam sehari dalam sejarah kompetisi Euro.

5. Delapan Gol Bunuh Diri

Sebanyak 8 gol bunuh diri tercatat di sepanjang penyisihan fase grup Euro 2020. Dua diantaranya terjadi saat pertandingan Slovakia melawan Spanyol yang berakhir dengan kemenangan La Furia Roja 5-0.

Load More