Rauhanda Riyantama
Kylian Mbappe saat merayakan gol di UEFA Nations League melawan Belanda pada 9 September 2018 (Anne Christine Poujoulat/AFP)

Bolatimes.com - Pelaksanaan Euro 2020 kini sudah memasuki pertandingan kedua di babak penyisihan grup. Para pemain kelas dunia pun sudah menunjukkan aksinya.

Terlepas dari hal tersebut, sejumlah fakta menarik soal kewarganegaraan pemain juga turut menjadi perhatian. Sebab beberapa di antara mereka memiliki dua kewarganegaraan.

Lantas siapa saja pemain Eropa dengan dua kewarganegaraan? Berikut ulasannya.

Baca Juga:
Cristiano Ronaldo, Manusia Pertama yang Punya 300 Juta Pengikut Instagram

1. Kylian Mbappe (Prancis)

Pemain Timnas Prancis dan Paris Saint Germain, Kylian Mbappe saat foto untuk wawancara dengan AFP soal kontrak barunya bersama merek jam Swiss luxury Hublot (8/11/2018) (AFP)

Wonderkid Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe merupakan pemain dengan dua kewarganegaraan yakni Prancis-Aljazair. Kylian Mbappe merupakan keturuanan berdarah Aljazair dari ibunya.

Ibu Kylian Mbappe yang bernama Fayza Lamari merupakan mantan pemain bola tangan Prancis. Sedangkan ayahnya merupakan orang Kamerun yang berimigrasi ke Prancis. Mbappe sendiri lahir di Paris dan telah tumbuh besar di Prancis.

Baca Juga:
Memphis Depay Resmi Gabung Barcelona, Sepakati Kontrak 3 Tahun

2. Nacer Chadli (Belgia)

Nacer Chadli merupakan pemain dengan posisi gelandang tengah untuk klub Istanbul Basaksehir. Chadli telah membela Timnas Belgia sejak tahun 2011 dengan menorehkan 64 caps dan 8 gol.

Sebelumnya, Chadli membela Timnas Maroko pada tahun 2010 lalu. Meski begitu, Chadli tumbuh besar dan lahir di Belgia. Ia kemudian memilih untuk membela timnas Belgia. Chadli masuk ke dalam daftar skuad Timnas Belgia di ajang Euro 2020 nanti.

Baca Juga:
Hasil Euro 2020 Tadi Malam: Jerman Pesta Gol, Prancis dan Spanyol Imbang

3. Pepe (Portugal)

Pepe merupakan pemain dengan posisi bek tengah yang tengah membela FC Porto. Mantan pemain Real Madrid tersebut sebelumnya berkewarganegaraan Brazil yang kemudian memutuskan untuk pindah ke Portugal. Pepe telah bermain untuk Timnas Portugal sejak tahun 2007 silam.

4. Aymeric Laporte (Spanyol)

Baca Juga:
Kirim Tanda Cinta, Georgina Beri Dukungan Ronaldo Jelang Lawan Jerman

Bek Manchester City, Aymeric Laporte merayakan gol yang dicetak saat menghadapi Olympique Lyon di penyisihan Grup F Liga Champions di Parc Olympique Lyonnais stadium. [ROMAIN LAFABREGUE / AFP]

Bek tengah Manchester City, Aymeric Laporte merupakan pemain dengan dua kewarganegaraan yakni Prancis-Spanyol. Laporte lahir dan tumbuh di Prancis dan ia juga sempat membela Timnas Prancis untuk U17-U18-U19-U21.

Tak kunjung dipanggil oleh Timnas Prancis ia memutuskan untuk pindah kewarganegaraan Spanyol. Laporte baru saja menjalankan debut Timnasnya pada 4 Juni 2021 dan akan membela skuad Luis Enrique di Euro 2020.

5. Declan Rice (Inggris)

Gelandang bertahan milik West Ham United, Declan Rice merupakan pemain yang sebelumnya telah membela Republik Irlandia. Pada tahun 2019, ia memutuskan untuk pindah kewarganegaraan dari Republik Irlandia menjadi Inggris. Sang pelatih, Gareth Southgare, telah memasukkan nama Declan Rice ke dalam skuad The Three Lions di ajang Euro 2020.

(Muhammad Zuhdi Hidayat)

Load More