Rauhanda Riyantama
Jude Bellingham saat berseragam Timnas Inggris. (PAUL ELLIS / POOL / AFP)

Bolatimes.com - Euro 2020 akan berlangsung dalam hitungan hari. Sejumlah pemain bintang tentu jadi perhatian publik, selain itu ada pemain termuda, yakni Jude Bellingham.

Kini, Jude Bellingham tercatat masih berusia 17 tahun 338 hari. Rekor pemain muda sebelumnya juga pernah dipegang senior Wayne Rooney, ketika memperkuat Timnas Inggris pada 2003 silam dengan usai 17 tahun 321 hari.

Siapa sih Jude Bellingham, berikut profil selengkapnya!

Baca Juga:
Meski Jadi Juru Kunci Grup, UAE Enggan Pandang Remeh Timnas Indonesia

Jude Bellingham menghabiskan masa kecilnya di Birmingham. Laki-laki kelahiran 29 Juni 2003 ini mengenal sepak bola sejak berusia delapan tahun. Saat itu dia menjadi anggota Birmingham FC termuda.

Walau menjadi pemain termuda di Euro 2021, Jude Bellingham bukanlah sosok yang asing. Sebelum bermain bersama Tim Nasional Inggris, Jude Bellingham, adalah anggota tim nasional U-16 dan U-21.

Penampilannya yang cemerlang membuat anak muda itu dipanggil ke Timnas Inggris di bawah asuhan Gareth Southgate. Debutnya bersama Timnas Inggris senior dimulai pada November 2020 lalu.

Baca Juga:
Doakan Ronaldo Sukses di Euro 2020, Georgina Cantik Kenakan Jersey Portugal

Saat itu Timnas Inggris menghadapi Irlandia dalam pertandingan persahabatan di Wembley Stadium London. Dia masuk di menit ke-73 menggantikan Mason Mount.

Karier Jude Bellingham di klub dimulai pada 2019 saat bergabung dengan Birmingham FC. Karier yang cemerlang kemudian membawa Jude Bellingham berlabuh ke Borussia Dortmund setahun kemudian.

Di klub kenamaan Jerman tersebut, kemampuan Jude Bellingham makin terasah dengan kolaborasi bersama pemain senior. Jude Bellingham ikut berkontribusi dalam goal yang diciptakan Kapten Borussia Dortmund, Marco Reus, saat melawan Manchester City dalam laga lanjutan Liga Champion 2021.

Baca Juga:
Bagikan Tips Olahraga, Body Goals Fanny Ghassani Bikin Warganet Gagal Fokus

(Nadia Lutfiana Mawarni)

Load More