Irwan Febri Rialdi
Pemain depan Italia Moise Kean (tengah) merayakan golnya ke gawang Liechtenstein di kualifikasi Piala Eropa 2020. Miguel MEDINA / AFP

Bolatimes.com - Timnas Italia menjadi salah satu kandidat kuat jawara Euro 2020. Mari simak profil Timnas Italia agar lebih tahu mengenai tim berjuluk Gli Azzurri tersebut.

Tim nasional Italia berhasil membukukan 24 poin dari 8 pertandingan yang dijalaninya. Kemenangan ini didapatkan pada fase kualifikasi di Grup J, dengan pesaing terberat adalah Finlandia. Dalam Euro 2020 yang digelar mulai Juni ini, Tim Italia akan masuk ke dalam Grup A, dimana mereka harus berkompetisi dengan Turki, Wales, dan Swiss.

Jika dilihat secara data, di atas kertas Italia merupakan tim terkuat di grup ini. Batu ganjalan terbesar yang siap menghadang hanya Turki, jadi ketika Italia sukses meredam perlawanan Turki, mungkin dapat dikatakan secara otomatis tim ini akan lolos dari fase grup Piala Eropa 2020.

Baca Juga:
Catat! Ini Jadwal Euro 2020, Lengkap dari Grup A hingga Grup F

Jika melihat histori Italia di kancah kompetisi internasional, kekuatan timnas Italia tak akan berbeda jauh dari Belgia, Inggris, Jerman, Kroasia, Portugal, dan Perancis. Tim-tim kuat tersebut telah membuktikan diri sebagai benteng kokoh yang siap menghadang siapa saja yang ingin mendapatkan poin dari pertandingan.

Kesiapan Italia dalam Menghadapi Euro 2020

Piala Eropa 2020 atau Euro 2020 akan mulai digelar pada tanggal 11 Juni 2021 hingga 11 Juli 2022. Turnamen terbesar untuk negara di Eropa ini tentu menjanjikan pertandingan yang seru. Setiap negara akan menyambut pertandingan dengan tim terkuatnya, sehingga pertandingan menawan akan tersaji pada setiap gelaran.

Baca Juga:
Shin Tae-yong Vs Akira Nishino, Duel Pelatih Level Piala Dunia

Tim nasional Italia sendiri turut menyiapkan diri, dengan kombinasi materi pemain muda dan pemain senior. Dibawah asuhan pelatih bertangan dingin, Roberto Mancini, tim dengan seragam biru-putih ini siap menghadapi pertandingan besar di depan mata.

Dengan formasi utama 4-3-3, timnas akan menggunakan racikan ciamik yang dibuat oleh Roberto Mancini. Di lapangan, pertandingan masih akan berada di bawah ‘pengawasan’ pemain senior seperti Bonucci, Verratti, Immobile, dan lainnya.

Rangkuman Profil Timnas Italia

Baca Juga:
5 Pertemuan Terakhir Timnas Indonesia Vs Thailand, Siapa Lebih Unggul?

  • Tim Nasional : Italia.
  • Julukan : Gli Azzurri.
  • Nama Federasi : Federazione Italiana Giuoco Calcio (FIGC).
  • Keikutsertaan di Euro : 10 kali, termasuk Euro 2020 yang baru akan digelar.
  • Prestasi terbaik : Juara Euro 1968.
  • Pemain andalan : Gianluigi Donnarumma, Ciro Immobile
  • Daftar pemain sementara :
    1. Kiper : Alessio Cragno, Gianluigi Donnarumma, Alex Meret, Salvatore Sirigu.
    2. Belakang : Francesco Acerbi, Alessandro Bastoni, Christiano Biraghi, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Giovanni Di Lorenzo, Alessandro Florenzi, Manuel Lazzari, Gianluca Mancini, Leonardo Spinazzola, Rafael Toloi.
    3. Tengah : Nicolo Barella, Gaetano Castrovilli, Bryan Cristante, Manuel Locatelli, Lorenzo Pellegrini, Matteo Pessina, Stefano Sensi, Marco Veratti.
    4. Depan : Andrea Belotti, Domenico Berardi, Federico Bernardeschi, Federico Chiesa, Vincenzo Grifo, Ciro Immobile, Lorenzo Insigne, Moise Kean, Matteo Politano, Giacorno Raspadori.
  • Pelatih : Roberto Mancini

Demikian profil tim Italia di Euro 2020. Nantikan sepak terjang tim berjuluk Gli Azzurri ini di pentas Piala Eropa 2020 nanti.

Load More