Irwan Febri Rialdi | Arif Budi Setyanto
Pemain muda Australia, Josh Hope memutuskan pensiun usai dibully online. (WILLIAM WEST / AFP)

Bolatimes.com - Pemain muda asal Australia, Josh Hope, yang pernah mencetak gol ke gawang Bali United dikabarkan pensiun. Hope memutuskan pensiun muda karena mendapatkan bullyan online.

Josh Hope adalah bintang muda dari Australia yang sempat menjadi kapten Timnas U-17. Dia juga bermain di level U-20. Namun, karier profesionalnya berhenti di usia muda karena tidak tahan dengan perlakuan suporter yang terus mengkritiknya.

Kritik yang dilancarkan kepada Josh Hope sendiri karena dia pernah membuat kesalahan yang menyebabkan hadiah penalti untuk lawannya. Akibat eror yang dibuatnya, Hope mendapatkan terus diserang oleh suporter.

Baca Juga:
Unggah Video Angkat Beban, Saddil Ramdani: Persiapan Tarkam di Ujung Dunia

Jengah menjadi bahan bullyan, Hope akhirnya memutuskan untuk pensiun di usia 22 tahun. Dia membagikan kabar tersebut melalui akun media sosial Instagramnya bersamaan dengan curhatan panjang.

Pemain muda Australia, Josh Hope pensiun dini.

"Sudah empat tahun berlalu saya hidup sebagai pemain profesional. Orang-orang yang kamu temui dan memori yang di buat tidak akan pernah terlupa. Sepak bola telah menjadi bagian dari hidup saua. Tapi sudah waktunya berhenti untuk saat ini," tulisnya.

Hope melanjutkan bahwa dia saat ini sudah tidak menikmati sepak bola lagi. Pasalnya dia mendapatkan kritik terus menerus. Hope menganggap kritikan tersebut sudah masuk dalam ranah pelecehan baginya, sampai-sampai ada yang memberikan ancaman pembunuhan. Sehingga ia memutuskan pensiun dini dari sepak bola profesiona.

Baca Juga:
Sebelum Dicoret, Serdy Ephy Fano Punya Permintaan Tak Terduga ke Ketum PSSI

"Tanpa ragu ini adalah keputusan tersulit yang pernah saya buat. Namun, saya berharap akhirnya saya akan lebih kuat. Saya ingin fokus pada diri sendiri dan menghabiskan waktu di rumah bersama keluarga serta teman," pungkasnya.

Keuputusan Josh Hope pensiun ini tentu disesalkan banyak pihak, termasuk oleh agennya, John Grimaud. Dia mengatakan sedih saat klien berbakatnya harus meninggalkan pertandingan karena dibully online.

Padahal Josh Hope sendiri adalah pemain berbakat. Buktinya ia bermain debut saat Melbourne Victory melawan Juventus di International Champhionship Cup 2016 silam.

Baca Juga:
Cetak Gol Sundulan, Elkan Baggott Bantu Ipswich Town Hajar Lawan 5-0

Selain itu, Josh Hope juga pernah mencetak gol ke gawang klub sepak bola Indonesia, Bali United. Saat itu, Hope membantu Melbourne Victory menghajar Bali United dengan skor telak 5-0 di ajang babak kualifikasi Liga Champions Asia 2020.

Load More