Rauhanda Riyantama
Nicolas Anelka ketika berseragam Real Madrid. (Patrick Hertzog/AFP).

Bolatimes.com - Sosok Nicolas Anelka dikenal sebagai pemain yang doyan gonta-ganti klub. Pria asal Prancis itu tercatat pernah membela 12 tim di tujuh negara berbeda sepanjang kariernya.

Mengawali karier di Paris Saint-Germain, Anelka dikenal sebagai pemain yang penuh potensi. Meski hanya mencatatkan 10 penampilan dan mencetak sebiji gol, ia kemudian diboyong Arsenal pada 1997.

Bersama Arsenal, Anelka menjelma jadi idola baru kala itu meski tak setenar Thierry Henry. Tercatat ia sukses membuat 65 penampilan dan 23 gol selama dua musim.

Baca Juga:
PSSI Rilis Daftar Pemain yang Dipanggil ke Timnas Indonesia, Ada Nama Baru

Talenta Anelkan kemudian memicu minat sejumlah tim papan atas Eropa, salah satunya Real Madrid. Kemudian ia sempat mencicipi berseragam Liverpool, Manchester City, Chelsea, hingga Juventus.

Anelka menjalani periode terbaiknya kala berseragam Chelsea pada musim 2008 hingga 2012. Penyerang yang mendapat julukan Le Sulk itu sukses membuat 125 penampilan dan 38 gol serta turut mempersembahkan gelar Liga Inggris dan Piala FA.

Selain itu, Anela juga tercatat pernah membela Fenerbahce, Bolton Wanderers, Shanghai Shenhua, serta West Bromwich Albion. Ia lantas mengakhiri kariernya di klub India, Mumbai City pada 2014.

Baca Juga:
Santai Banget, Riyad Mahrez Cium Pipi Kekasih Barunya di Tempat Umum

Nah, perjalanan karier Anelkan itulah yang membuat Netflix Prancis berniat menjadikan film dokumenter. Film ini nantinya akan fokus pada masa kecil Anelka hingga memulai karier sebagai pesepak bola.

Film dokumenter ini sudah tersedia trailernya. Di dalamnya ada komentar beberapa mantan rekan setimnya, seperti Thierry Henry, Emmanuel Petit, Patrice Evra, Robert Pires, serta Paul Pogba.

Baca Juga:
Akhirnya, Kushedya Hari Yudo Dipanggil TC Timnas Indonesia

Selain itu ada juga sosok Arsene Wenger yang sangat berjasa pada karier Nicola Anelka. Dan tak ketinggalan menguak momen berserajarah saat ia dipulangkan dari Afrika Selatan di ajang Piala Dunia 2010.

Film dokumenter itu sendiri berjudul 'Anelka: The Misunderstood'. Rencananya pihak Netflix Prancis akan menayangkannya pada 5 Agustus mendatang.

Load More