Rauhanda Riyantama
Trofi penghargaan Ballon d'Or (Fabrice Coffrini/AFP)

Bolatimes.com - Ballon d'Or 2020 telah resmi dibatalkan. Kepastian pembatalan penghargaan individu paling bergengsi tersebut diumumkan langsung oleh France Football selaku panitia pelaksana pada Senin (20/7/2020).

Ini sekaligus menjadi kali pertama Ballon d'Or absen sejak 1956. Salah satu pertimbangan pembatalan Ballon d'Or musim ini karena adanya pandemi virus corona. Sebab wabah ini membuat jadwal kompetisi musim ini berantakan.

Prancis dan Belanda bahkan sampai menghentikan musim 2019/2020 lebih cepat dari jadwal sebelumnya. Selain itu, gelaran Piala Eropa dan Copa America juga ditunda hingga tahun depan.

Baca Juga:
Eric Bailly Cedera Parah saat Lawan Chelsea, Begini Kondisinya Sekarang

''Kami tidak ingin menempatkan tanda bintang yang tidak terhapuskan dalam daftar hadiah seperti piala yang dimenangkan dalam keadaan luar biasa karena krisis kesehatan Covid-19,'' demikian pernyataan resmi keterangan resmi penyelenggara Ballon d'Or.

''Kami akan selalu memilih risiko kecil dari pada bekas luka besar. Ini adalah pertama kalinya sejak 1956 bahwa Ballon d'Or telah istirahat,'' imbuhnya.

''Tanda kurung tidak memikat kami, tetapi bagi kami tampaknya yang paling bertanggung jawab dan logis. Melindungi kredibilitas dan legitimasi penghargaan semacam itu juga berarti memastikan ketidaksempurnaan dari waktu ke waktu,'' tandasnya.

Baca Juga:
Final Piala FA 2019/2020: Derby London Arsenal Vs Chelsea

Dengan demikian, Lionel Messi yang merupakan jawaran bertahan akan memegang trofi tersebut selama 24 bulan alias dua tahun.

Hingga kini Lionel Messi tercatat sebagai kolektor terbanyak dengan raihan enam gelar. Dia memenangkannya pada 2009, 2010, 2011, 2012, 2015, dan 2019, unggul satu dari rival abadinya Cristiano Ronaldo.

Baca Juga:
Tak Ada di Eropa, Budaya Ini Bikin Eks Pemain Juventus Takjub

Load More