Rauhanda Riyantama
Pep Guardiola resmi menjadi pelatih terbaik Liga Primer Inggris 2018/2019. (Twitter/@premierleague).

Bolatimes.com - Sebagai seorang yang berprofesi sebagai pelatih, Pep Guardiola memiliki sebuah ambisi besar. Setelah sukses di level klub, manajer Manchester City itu mengaku ingin melebarkan sayap melatih tim nasional.

Keinginan tersebut diungkapkan oleh saudara Guardiola, Pere Guardiola. Ia mengaku pelatih asal Spanyol tersebut tidak pernah menyembunyikan keinginannya untuk memimpin tim nasional di turnamen besar, dan beberapa tahun lalu kerap kali dikaitkan dengan Argentina dan Brasil.

Namun, Guardiola sebelumnya mengindikasikan bahwa ia tidak mungkin melatih timnas Spanyol karena ia memiliki kontrak dengan City hingga akhir musim depan.

Baca Juga:
Tidak Ada Degradasi, Liga 1 2020 Dilanjut September?

Pere Guardiola mengatakan bahwa melatih di luar klub masih menjadi keinginan saudaranya itu.

Manajer Manchester City Pep Guardiola mengangkat trofi juara Premier League setelah skuatnya mengalahkan Brighton and Hove Albion di pekan terakhir Liga Inggris. Glyn KIRK / AFP

Pere sendiri adalah seorang agen dan salah satu pemilik klub La Liga Spanyol, Girona, yang pada pekan ini membuka cabang perusahaan Media Base Sports di Brasil.

Brasil baru-baru ini mengalami peningkatan investasi pelatih-pelatih asing dengan Jorge Jesus, Jesualdo Ferreira, Jorge Sampaoli, Eduardo Coudet dan Rafael Dudame yang pernah menangani klub-klub papan atas.

Baca Juga:
Intip Kemolekan Tubuh Suzy Cortez, Model Seksi yang Punya Tato Wajah Messi

Ditanya apakah Guardiola bisa menangani timnas Brasil atau klub liga di negeri Samba, Pere ragu. Karena menurut Pere, Brasil memiliki banyak pelatih berkualitas dan tidak harus mendatangkan pelatih asing.

"Brasil telah memenangkan segalanya bersama pelatih asal Brasil sendiri. Saya rasa Anda memiliki pelatih-pelatih yang bagus, Anda tidak harus mendatangkan pelatih-pelatih luar negeri," ujar Pere kepada Globo Esporte yang dilansir Goal.

Josep Guardiola berpose bersama pemain Barcelona [AFP]

"Pep memiliki mimpi melatih tim nasional suatu hari nanti, tetapi kami akan melihat bagaimana kelanjutannya; apa yang akan menjadi momen saat ia menerima tawaran itu."

Baca Juga:
PSSI Usahakan Gelar Rapat dengan Exco Malam Ini, Bahas Nasib Liga 1

"Namun, sekarang bukan waktunya."

Sementara itu, saat ini Manchester City tertinggal 25 poin dari Liverpool dalam perebutan gelar Liga Primer Inggris musim 2019/20 dengan sepuluh pertandingan tersisa.

City akan memainkan pertandingan pertamanya, setelah Liga Inggris ditangguhkan selama tiga bulan akibat pandemi virus corona, menghadapi Arsenal pada 17 Juni mendatang.

Load More