Rauhanda Riyantama
Winger Borussia Dortmund, Jadon Sancho usai mencetak gol ke gawang SC Paderborn pada laga lanjutan Bundesliga 2019/2020, Senin (1/6/2020) dini hari WIB. [Lars Baron / POOL / AFP]

Bolatimes.com - Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) mempertimbangkan untuk melakukan penyelidikan terhadap aksi solidaritas untuk George Floyd yang dilakukan tiga pemain Liga Jerman dalam rangkaian pertandingan akhir pekan lalu.

Gelandang Schalke 04 Weston McKennie, penyerang Borussia Moenchengladbach Marcus Thuram dan sayap Borussia Dortmund Jadon Sancho masing-masing melakukan aksi solidaritas untuk George Floyd kala membela tim masing-masing akhir pekan lalu.

George Floyd merupakan warga kulit hitam yang tewas dibunuh polisi Amerika Serikat dalam serangan tanpa alasan beberapa waktu lalu dan insiden itu menimbulkan gelombang protes hingga menyebabkan kerusuhan di Negeri Paman Sam, bahkan mengundang aksi solidaritas dari berbagai pelaku olahraga profesional.

Baca Juga:
Diminati Muangthong United, Ini Komentar Febri Hariyadi

McKennie mengenakan pita hitam bertuliskan pesan "Keadilan untuk George Floyd" kala Schalke menghadapi Werder Bremen pada Sabtu (30/5/2020).

Sehari kemudian, dalam dua pertandingan berbeda Thuram dan Sancho turut menyampaikan aksi protes mereka. Sancho yang mengemas trigol kala Dortmund menundukkan SC Paderborn, melakukan selebrasi dengan mengangkat jerseynya dan memperlihatkan kaus pelapis bertuliskan "Keadilan untuk George Floyd" selepas mencetak gol pertama.

Penyerang Borussia Monchengladbach, Marcus Thuram menunjukkan gestur penghormatan untuk mendiang George Floyd, pada laga lanjutan Bundesliga 2019/2020 kontra Union Berlin, Minggu (31/5/2020) malam WIB. [Laman resmi Gladbach]

Sedangkan Thuram melakukan selebrasi golnya untuk Gladbach ke gawang Union Berlin dengan aksi berlutut, serupa gestur yang dilakukan mantan atlet American Football Colin Kaepernick kala menolak melakukan penghormatan kepada lagu kebangsaan Amerika Serikat sebagai protes akan kekerasan terhadap warga kulit hitam di sana.

Baca Juga:
Kembali Bergulir 12 Juni, Ini Jadwal Terbaru Liga Spanyol 2019/2020

"Badan kontrol DFB akan menangani masalah ini dalam beberapa hari mendatang dan meneliti keadaan kasus ini," kata Ketua Komite Kontrol DFB, Anton Nachreiner yang dilansir dari Goal.

Aksi bermuatan politis tersebut termasuk dalam hal yang dilarang dalam regulasi DFB.

Usai Dortmund menang 6-1 atas Paderborn, Sancho mengungkapkan perasaannya setelah mencetak trigol pertama dalam karier seniornya. Ia menyebut bahwa itu adalah momen manis sekaligus pahit baginya.

Baca Juga:
Soal Nasib Liga 1 2020, Ini Komentar Kapten Persib Bandung

"Hattrick profesional pertama. Saat yang pahit secara pribadi karena ada lebih banyak hal penting yang terjadi di dunia saat ini yang harus kita atasi dan bantu buat perubahan," tulis pemain berusia 20 tahun itu.

"Kita harus bersatu & memperjuangkan keadilan. Kita lebih kuat bersama! #JusticeForGeorgeFloyd," tandasnya Sancho.

Penulis: Syaiful Rachman

Load More