Rauhanda Riyantama
Logo Piala Eropa 2020. (JUSTIN TALLIS / AFP)

Bolatimes.com - Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) memastikan bahwa kejuaraan sepak bola empat tahunan mereka yang terpaksa diundur tahun depan 2021 akan tetap menggunakan nama resmi Piala Eropa 2020.

Hal itu diumumkan oleh UEFA lewat laman resminya pada Kamis (23/4/2020) selepas rapat virtual jajaran komite eksekutif.

"Setelah peninjauan internal menyeluruh disertai diskusi dengan sejumlah rekanan turnamen, komite eksekutif memutuskan turnamen ini akan tetap menggunakan nama UEFA Euro 2020," demikian pernyataan tersebut.

Baca Juga:
PSSI Berharap Wabah Corona Tak Pengaruhi Jadwal Piala Dunia U-20 2021

"Keputusan ini sekaligus membuat UEFA tetap menjaga visi turnamen sebagai ajang perayaan 60 tahun sejak turnamen ini pertama kali digelar (1960-2020)," catat UEFA.

Suasana saat pembagian grup Piala Eropa 2020. (FABRICE COFFRINI / AFP)

Selain itu, menurut UEFA, keputusan tetap mengusung 2020 dalam turnamen mereka tahun depan dapat dianggap sebagai sebuah tengara kebersatuan masyarakat sepak bola di seluruh dunia menanggapi situasi tak biasa yang ditimbulkan pandemi virus corona terhadap Eropa dan dunia pada 2020.

Keputusan UEFA juga sejalan dengan semangat mereka menjaga prinsip ramah lingkungan dan mencegah timbulnya sampah berlebih.

Baca Juga:
Bali United Terapkan Metode Latihan Baru Selama Puasa Ramadan

"Banyak material bermerek sudah diproduksi sebelum turnamen akhirnya ditunda. Perubahan nama turnamen tentunya akan menyulap barang-barang yang sudah diproduksi itu menjadi sampah," demikian UEFA.

Piala Eropa 2020 yang sedianya digelar 12 Juni hingga 12 Juli ditunda penyelenggaraannya menjadi 11 Juni sampai dengan 11 Juli 2021 demi memberi kesempatan liga-liga domestik dan kompetisi antarklub Eropa musim 2019/20 yang tengah ditunda karena pandemi virus corona bisa dirampungkan.

Baca Juga:
Bekas Napi Jadi Calon Sekjen PSSI, Iwan Bule Buka Suara

Load More