Rauhanda Riyantama
Para penggawa Borussia Dortmund merayakan gol Manuel Akanji ke gawang Nurnberg pada 26 September 2018 (Patrik Stollarz/AFP)

Bolatimes.com - Imbas pandemi virus corona, Borussia Dortmund akan memotong gaji para pemainnya. Hal ini diutarakan CEO Die Borussen, Hans-Joachim Watzke.

Pandemi corona ini bisa dibilang memang sudah menghadirkan krisis bagi Dortmund. Bagaimana tidak, kampanye 2019/2020 ditangguhkan, yang berarti pemasukan bagi klub praktis merosot tajam, khususnya terkait laga-laga kandang yang tak bisa digelar.

Padahal, sekali Dortmund memainkan laga kandang, sekira 80.000-an penonton biasanya selalu memadati Stadion Signal Iduna Park.

Baca Juga:
Bikin Aturan Ketat, Arema akan Tindak Pemain yang Tak Kirim Video Latihan

Watzke pun membenarkan bahwa gaji para penggawa Dortmund akan disunat sebagai imbas dari merosotnya pemasukan klub.

Akan tetapi, sang CEO mengklaim jika Jadon Sancho dan kawan-kawan tak berkeberatan alias legowo meski gaji mereka bakal dipotong. 

Menurutnya, ini merupakan bentuk solidaritas dari para pemain tim utama Dortmund untuk meringankan tekanan finansial kepada klub di tengah krisis COVID-19 ini.

Baca Juga:
Terciduk Tes Corona di Rumah Mewah, Begini Dalih Ketum PSSI

Penyerang andalan Borussia Dortmund, Erling Braut Haaland. [Ina Fassbender / AFP]

Dikatakan Watzke, para pemain rela pemasukannya dipotong agar manajemen Dortmund tetap bisa membayar ofisial tim maupun karyawan klub dari segala lapisan. 

"Memang benar akan ada pemotongan gaji, tapi para pemain oke dengan hal ini. Ini adalah pertanda solidaritas tak ternilai," buka Watzke seperti dilansir ESPN, Rabu (25/3/2020).

"Ini adalah bukti perhatian mereka karena Dortmund memang bukan hanya para pemain ataupun pelatih dan stafnya. Ada ofisial klub, ada para karyawan lainnya," sambung sang CEO.

Baca Juga:
Segera Permanenkan Ighalo, Segini Mahar yang Harus Dibayar Man United

Sepakbola Jerman kini memang tengah menjerit akibat dampak finansial dari krisis Virus Corona, di mana CEO Liga Jerman, Christian Seifert menyatakan pekan lalu bahwa 56.000 lapangan kerja dalam bisnis sepakbola dipertaruhkan menyusul penghentian sementara Bundesliga 2019/2020.

Pekan lalu, Borussia Monchengladbach mengumumkan bahwa pemain-pemainnya membolehkan gajinya dikurangi. Dan hari ini, Dortmund mengikuti langkah tersebut.

"Borussia Dortmund akan menghemat total puluhan juta (euro) yang akan membantu melindungi klub sebagai salah satu perusahaan terbesar di Dortmund dari krisis Virus Corona," tutur Watzke.

"Ada sekira 850 karyawan bekerja untuk Dortmund saat ini, dan para pemain menunjukkan jika mereka care pada orang-orang tersebut," tukasnya.

Load More