Rauhanda Riyantama
Pep Guardiola saat memimpin Manchester City melawan Dinamo Zagreb dalam laga Grup C Liga Champions. (ANTHONY DEVLIN / AFP)

Bolatimes.com - Manajer Manchester City, Pep Guardiola nampaknya benar-benar terenyuh setelah negara asalnya, Spanyol begitu terdampak dengan pandemi global COVID-19 alias Virus Corona saat ini.

Mantan pelatih Barcelona itu pun mendonasikan dana yang tak sedikit, yakni 1 juta euro (sekira Rp 17,36 miliar), untuk pengadaan alat kesehatan dalam upaya Spanyol menangani bencana Corona ini. 

Seperti dilansir Football Espana, sumbangan tersebut disampaikan melalui Yayasan Angel Soler Daniel dan Perguruan Tinggi Kesehatan Barcelona.

Baca Juga:
Patut Dicontoh, Begini Aksi Mulia Pemain Bali United Perangi Corona

"Pep Guardiola menyumbangkan 1 juta euro kepada Yayasan Angel Soler Daniel untuk pengadaan alat kesehatan, dalam penanganan pandemi COVID-19 di Spanyol," demikian pernyataan resmi pihak Perguruan Tinggi Kesehatan Barcelona, Rabu (25/3/2020).

"Selain untuk membeli perlengkapan yang kurang di pusat kesehatan Katalunya, dana ini juga akan dipakai untuk membiayai proses produksi alternatif alat kesehatan petugas medis, seperti respirator melalui cetak 3D dan berbagai metode lainnya."

Sebelum mengucurkan sumbangan tersebut, Guardiola sendiri juga sempat menyerukan penggalangan dana, dengan berhasil mengumpulkan total 33 ribu euro (sekira Rp 580 juta) hanya dalam tiga hari.

Baca Juga:
Pemain Asing Terbaik Persija Menurut Bepe, Agus Indra kok dari Jepang?

Sebagai informasi, Spanyol jadi negara Eropa kedua yang terdampak paling parah oleh COVID-19 setelah Italia. Data WHO mencatat sudah 2.808 nyawa melayang di Spanyol akibat Virus Corona ini.

Load More