Rauhanda Riyantama
Undian Copa America 2020 di Cartagena, Kolombia, Rabu (3/12/2019) waktu setempat. (JUAN BARRETO / AFP)

Bolatimes.com - Copa America 2020 akhir resmi ditunda hingga tahun depan. Keputusan ini diambil sebagai wujud pencegahan virus corona yang kini tengah mewabah di seluruh dunia.

Penundaan ini diumumkan langsung oleh Federasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL). Dalam pernyataan resminya, Copa America yang semula digelar pada 21 Juni - 12 Juli 2020 menjadi 2021 pada tanggal yang sama di Kolombia dan Argentina.

"Ini adalah tindakan luar biasa untuk situasi tak terduga dan merespon sesuatu yang sangat penting untuk menghindari penyebaran virus ini lebih luas," kata Presiden CONMEBOL Alejandro Dominguez dikutip dari The Sun.

Baca Juga:
Imbas Virus Corona, Piala Eropa 2020 Resmi Ditunda hingga Tahun Depan

"Tidak mudah untuk mengambil keputusan ini, tetapi kami harus menjaga kesehatan para pemain kami sepanjang waktu dan semua yang merupakan bagian dari keluarga besar sepakbola Amerika Selatan,'' imbuhnya.

"Jangan ragu bahwa turnamen internasional tertua di dunia ini akan kembali bergulir di tahun 2021," tandasnya.

Sebelumnya, Piala Eropa 2020 juga resmi ditunda pada 2021. Keputusan tersebut diambil setelah UEFA menggelar teleconference dengan 55 federasi sepakbola dari negara-negara di Eropa.

Baca Juga:
Tak Peduli Virus Corona, Fans Celtic Bikin Pesta Minuman Keras di Thailand

Load More