Irwan Febri Rialdi
Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde. (JEFF PACHOUD / AFP)

Bolatimes.com - Setiap pelatih di dunia tak sedikit yang akan senang jika bisa merasakan tantangan melatih di Liga Inggris. Namun, hal ini tidak diberlaku untuk mantan pelatih Barcelona, Ernesto Valverde.

Valverde menyatakan jika diberi kesempatan, ia justru akan lebih memilih melatih di Australia ketimbang bersaing di kompetisi papan atas seperti Liga Inggris.

"Orang-orang kadang bertanya; 'bagaimana jika ke Liga Inggris?', yang biasanya saya jawab, 'sesungguhnya saya lebih ingin ke Australia'," papar Valverde sebagaimana dilansir Football Espana.

Baca Juga:
Cantik dan Terkenal, Inilah 5 Potret Kekasih Baru Bintang AS Roma

Jawaban itu tidak lepas dari keyakinan Valverde bahwa sepakbola terkadang membuka pintu kesempatan bagi seseorang untuk merasakan sesuatu yang tak bisa dimiliki orang kebanyakan, salah satunya bepergian ke tempat yang jauh.

"Karier di dunia sepakbola tidak akan bertahan selamanya dan terkadang Anda perlu berpikir untuk mengambil kesempatan tinggal di tempat yang berbeda. Ya, belahan dunia yang benar-benar berbeda, kedengarannya itu akan sangat menyenangkan," celoteh eks pelatih Athletic Bilbao itu.

Valverde, yang dipecat oleh Barcelona bulan lalu sebelum digantikan Quique Setien, bahkan memuji keberanian legenda Las Blaugranas, Andres Iniesta yang hijrah ke Jepang untuk membela Vissel Kobe sejak 2018.

Baca Juga:
Witan Sulaeman Disambut Salju saat Tiba di Serbia

"Saya melontarkan pujian kepada Andres ketika ia bilang akan ke Jepang. Kala itu saya berpikir; 'wah, dia punya kesempatan mempelajari budaya dan masyarakat yang berbeda'. Lagipula saya sendiri sangat tertarik dengan Jepang,"celoteh Valverde.

"Di Jepang, kalian bisa memperoleh foto-foto bagus. Ada banyak tempat yang bisa dikunjungi," urai pelatih asal Spanyol itu merujuk hobi fotografi yang digelutinya di luar sepakbola.

Kendati berbicara banyak, Valverde mengaku belum memutuskan apapun terkait karier kepelatihannya dan tidak menutup kemungkinan apapun yang akan datang di kemudian hari.

Baca Juga:
Persebaya Surabaya Tak Permasalahkan Dua Pemainnya ke Timnas Indonesia

"Kita lihat nanti apa yang saya lakukan. Saya belum terlalu lama menganggur, sehingga tidak perlu terburu-buru akan apapun dan tak punya rencana yang serius saat ini," terang Valverde.

"Sangat mungkin saya pergi ke tempat yang jauh. Saya suka melakukan hal-hal aneh, jadi saya tidak akan menutup kemungkinan itu," pungkas sang entrenador.

Penulis: Rully Fauzi

Baca Juga:
Saham PSS Sleman Resmi Dijual 70 Persen, Ini Pembelinya

Load More