Rauhanda Riyantama
Pele kini tak bisa berjalan dan hanya menggunakan kursi roda untuk beraktivitas. (NELSON ALMEIDA / AFP)

Bolatimes.com - Nasib kurang beruntung sedang mendera Pele saat ini. Legenda sepak bola Brasil itu dilaporkan mengalami depresi berat akibat penyakit yang dideritanya.

Melansir dari Independent, kondisi kesehatan Pele belakangan ini cukup memburuk. Akibatnya, ia tak bisa berjalan dan hanya mengurung diri di dalam rumah, bahkan harus menggunakan kursi roda untuk mobilitasnya sehari-hari.

Usut punya usut, Pele mengalami masalah pada pinggulnya. Sempat menjalani operasi, kondisi kesehatan mantan pemain bernama lengkap Edson Arantes do Nascimento itu nyatanya tak juga membaik.

Baca Juga:
Demi Simic Makin Ganas, Persija Isyaratkan Rekrut Satu Pemain Lagi

Kabar buruk tersebut turut diakui oleh anak Pele bernama Edinho. Dalam sebuah wawancara dengan TV Globo, Senin (10/2/2020), ia mengaku kesehatan ayahnya makin memburuk karena tidak mendapat perawatan yang layak soal penyakit pinggul tersebut.

Legenda sepak bola Brasil Edson Arantes do Nascimento atau Pele tiba di salah satu bandara di Brasil, 19 April 2019. [AFP]

''Dia sangat rapuh. Dia memiliki masalah pinggul dan tak memiliki perawatan yang ideal. Kondisinya saat ini membuatnya bermasalah dan itu telah memicu semacam depresi,'' ujar anak Pele yang bernama asli Edson Cholbi Nascimento itu.

''Bayangkan, dulu dia 'sang raja'. Dia sosok yang mengesankan dan hari ini dia tak bisa berjalan dengan baik. Dia malu, dia tidak ingin keluar, atau melakukan apa pun yang membuatnya meninggalkan rumah,'' imbuhnya.

Baca Juga:
Laga Tunda Man City Vs West Ham Digelar Pekan Depan, Catat Tanggalnya!

Sebenarnya ini bukan kali pertama Pele sakit. Pada 2019, kolektor tiga trofi Piala Dunia itu sempat menjalani operasi pengangkatan batu ginjal di Rumah Sakit Albert Einstein, Sao Paulo, Brasil.  Sebelumnya, ia juga pernah dirawat karena menderita infeksi saluran air kencing di sebuah rumah sakit di Paris, Perancis.

Sementara itu, Pele menghabiskan kariernya bersama Santos sebelum akhirnya hijrah ke New York Cosmos pada 1970-an. Pria yang pada tahun ini genap berusia 80 tahun itu juga sempat bermain di empat edisi Piala Dunia, yakni 1958, 1962, 1966, dan 1970.

Baca Juga:
Dele Alli Terancam Sanksi FA usai Bikin Candaan Virus Corona

Load More