Jum'at, 24 Januari 2020
Rauhanda Riyantama : Selasa, 14 Januari 2020 | 09:51 WIB

Bolatimes.com - Barcelona resmi memecat Ernesto Valverde sebagai pelatih. Klub raksasa Catalan tersebut langsung menunjuk Quique Setien guna menggantikan Valverde.

Posisi Valverde memang sudah kencang dikabarkan akan digantikan menyusul kekalahan Barcelona 2-3 dari Atletico Madrid pada semifinal Piala Super Spanyol.

Lewat akun media sosialnya, klub Barcelona mengumumkan telah mengakhiri kontrak Ernesto Valverde. Mereka juga mendoakan Valverde sukses dalam karirnya selanjutnya.

Reaksi pelatih Barcelona Ernesto Valverde saat skuatnya dikalahkan Liverpool di Anfield. Oli SCARFF / AFP

"Barcelona dan Ernesto Valverde telah sepakat untuk mengakhiri kerjasama sebagai pelatih skuat utama," tulis Barcelona dalam pernyataannya di akun Twitter resmi klub.

"Terima kasih untuk semuanya, Ernesto. Semoga sukses dalam karier Anda berikutnya," lanjut klub raksasa Catalan ini.

Valverde sejak diangkat sebagai pelatih Barcelona, tercatat telah memimpin skuatnya dalam 163 pertandingan resmi, dengan catatan menang 108 kali, 35 imbang, 20 kali kalah.

Total Valverde telah menyumbang empat trofi domestik buat Barcelona, yakni dua gelar Liga Spanyol, satu gelar Copa Del Rey, dan satu Piala Super Spanyol.

Namun, Valverde gagal mempersembahkan trofi Liga Champions selama tiga tahun melatih di Camp Nou. Barcelona harus tersingkir secara pahit oleh AS Roma pada 2018, serta Liverpool di musim berikutnya.

Quique Setien saat masih melatih Real Betis ketika menghadapi Rennes di Liga Europa di Roazhon Park stadium. DAMIEN MEYER / AFP

Setelah mengumumkan pemecatan Valverde, Barcelona langsung mengonfirmasikan bahwa Quique Setien sebagai pelatih baru mereka selanjutnya.

"Quique Setien akan menjadi manajer baru Barcelona FC, Selamat Datang," tulis akun Twitter resmi FC Barceona.

Lewat laman resmi Barcelona, pelatih berusia 61 tahun itu telah setuju dikontrak sebagai hingga 30 Juni 2022. Ia akan diperkenalkan hari ini, Selasa (14/1/2020) pukul 13.30 waktu setempat

Setien memiliki banyak pengalaman melatih klub Spanyol setelah terakhir bersama Real Betis dari 2017 hingga 2019. Selain Betis, Setien pernah melatih klub Spanyol lainnya seperti Las Palmas dan Racing Santander.