Senin, 20 Januari 2020
Rauhanda Riyantama : Senin, 13 Januari 2020 | 08:30 WIB

Bolatimes.com - Real Madrid akhirnya menjadi juara Piala Super Spanyol usai mengalahkan Atletico Madrid lewat adu  penalti di final, Senin (13/1/2020) dinihari WIB.

Pada final yang digelar di King Abdullah Sports City, laga Real Madrid vs Atletico Madrid harus ditentukan lewat adu penalti setelah di waktu normal dan perpanjangan waktu berakhir imbang 0-0.

Skuat besutan Zinedine Zidane akhirnya memenangkan duel adu penalti tersebut 4-1 dan memastikan sebagai juara Piala Super Spanyol.

Para pemain Real Madrid merayakan kemenangan adu penalti atas Atletico Madrid saat final Piala Super Spanyol di King Abdullah Sports City, Jeddah. Giuseppe CACACE / AFP

Real Madrid langsung mencoba menekan di awal. Pada menit keenam, Casemiro mencoba mengancam namun usahanya masih dapat digagalkan kiper Jan Oblak.

Sementara Atletico Madrid juga mulai balik menekan. Joao Felix memiliki peluang setelah memanfaatkan kesalahan Sergio Ramos namun tendangannya masih melebar di menit ke-14.

Enam menit berselang, Atletico kembali memiliki peluang di menit ke-20. Namun Alvaro Morata gagal memanfaatkan kesempatan itu setelah sepakannya masih melenceng dari sasaran.

Giliran Madrid mengancam lewat sundulan Isco yang menyambut bola sepak pojok, tapi bola masih melambung. Begitu juga dengan peluang Madrid dari sundulan Casemiro juga masih gagal.

Hingga turun minum belum ada gol tercipta dari kedua tim. Pada babak kedua, Madrid kembali mencoba menekan Atletico namun Luka Jovic gagal memanfaatkan dua peluangnya.

Federico Valverde juga punya kesempatan mencetak gol namun sundulannya masih belum tepat sasaran. Sementara Atletico Madrid mencoba lepas dari tekanan.

Morata memiliki peluang emas setelah mendapatkan umpan dari Kieran Trippier. Namun upayanya gagal setelah bola masih dapat dibaca dengan baik oleh kiper Thibaut Courtois.

Keduan tim masih membangun serangan namun hingga babak kedua tuntas tetap tidak ada gol tercipta. Pertandingan Real Madrid vs Atletico Madrid akhirnya dilanjutkan dengan perpanjangan waktu.

Menit ke-110, Madrid memiliki peluang untuk memecahkan kebuntuan lewat dua peluang beruntung di dalam kotak penalti, namun tembakan Luka Modric bisa diblok Jan Oblak

Namun Real Madrid harus bermain dengan sepuluh pemain setelah Federico Valverde mendapat kartu merah langsung pada menit ke-115 akibat menjegal Alvaro Morata.

Atletico memiliki peluang bagus lewat tendangan bebas setelah pelanggaran Valverde itu, namun eksekusi Kieran Trippier membentur pagar hidup Real Madrid.

Karena tidak ada gol yang tercipta, pertandingan dilanjutkan lewat adu penalti. Real Madrid akhirnya menjadi pemenang dalam adu penalti tersebut dengan skor 4-1 .

Dua penendang pertama Atletico Madrid yaitu, Saul Niguez dan Thomas, gagal dalam melakukan eksekusi, penalti dengan hanya Trippier yang berhasil.

Sementara semua empat penendang pertama Real Madrid berhasil melakukan tugasnya dengan baik, yakni Daniel Carvajal, Rodrygo, Luka Modric, dan Sergio Ramos menjadi penentu.

Susunan Pemain :

Real Madrid: Thibaut Courtois, Dani Carvajal, Raphael varane, Sergio Ramos, Ferland Mendy, Federico Valverde, Casemiro, Toni Kroos ('103 Vinicius Junior), Luka Modric, Isco ('60 Rodrygo), Luka Jovic ('83 Mariano Diaz)

Atletico Madrid: Jan Oblak, Renan Lodi ('89 Marcos Alonso), Jose Gimenz ('98 Stefan Savic), Felipe, Kieran Trippier, Saul Niguez, Thomas, Hector Herrera ('56 Vitolo), Ange; Correa, Joao felix ('101 Santiago Arias), Alvaro Morata