Rauhanda Riyantama
Selebrasi Lionel Messi usai cetak gol ke gawang Atletico Madrid. (GABRIEL BOUYS / AFP)

Bolatimes.com - Tahun 2019 akan segera berganti. Bagi seorang pesepak bola, jelang pergantian tahun menjadi momen penting untuk mengevaluasi diri dan memasang target baru di tahun 2020 yang segera tiba. Tidak terkecuali bagi pemain terbaik di dunia saat ini, Lionel Messi.

Di sepanjang tahun 2019, performa Messi tak juga mengendur. Meski sudah berusia 32 tahun, pemain berpaspor Argentina itu masih mampu menyihir pecinta sepak bola dunia dengan aksinya.

Lewat sekian banyak aksi memukaunya di lapangan, sejumlah rekor pun kembali ditorehkan kapten Barcelona itu. Mulai dari rekor di kancah domestik hingga Eropa.

Baca Juga:
Tak Lama Lagi Shin Tae-Yong Bakal Resmi Jadi Pelatih Timnas Indonesia

Berikut lima catatan emas yang ditorehkan Lionel Messi di sepanjang tahun 2019 yang berhasil dirangkum.

1. Pichichi dan Rekor Telmo Zarra

Lionel Messi mencetak lebih dari 30 gol di ajang La Liga Spanyol dalam tiga musim berturut-turut. Terakhir di musim 2018/19 dengan 36 gol, sumbangsih yang turut mengantar Barcelona bertahan di puncak klasemen di akhir musim.

Baca Juga:
Presiden Borneo FC: Saya Pasti Berusaha Pertahankan Mario Gomez!

Dengan 36 gol tersebut, Messi juga tercatat sebagai top skor La Liga dan berhak atas penghargaan Pichichi. Gelar el Pichichi tersebut merupakan yang keenam bagi Messi.

Sebelumnya, Messi sudah lima kali meraih gelar pencetak gol terbanyak La Liga. Yaitu di musim 2009/10, 2011/12, 2012/13, 2016/17 dan musim 2017/18.

Enam kali menggondol tofi Pichichi, Messi kini sejajar dengan pemain legendaris Athletic Bilbao Telmo Zarra yang membukukan rekor sebagai peraih Pichichi terbanyak di musim 1952/53.

Baca Juga:
Merangkap Manajer, Rahmad Darmawan Resmi Jadi Pelatih Baru Madura United

Kapten Barcelona, Lionel Messi, mengecoh sejumlah pemain Villareal pada lanjutan Liga Spanyol 2019/20 di Stadion Camp Nou, Rabu (25/9/2019). [LLUIS GENE / AFP]

2. Mencetak Gol Beruntun di 16 Pertandingan La Liga

Di Laga kontra Sevilla di Camp Nou, Messi kembali membukukan rekor. Di laga yang berlangsung pada 7 Oktober 2019, Messi menyumbang satu dari empat gol kemenangan Barcelona.

Gol Messi di menit 78 tersebut merupakan gol yang dicetak pemain berjuluk La Pulga secara beruntun di 16 pertandingan La Liga. Ketika itu, Messi tercatat sebagai pemain pertama di Liga Spanyol yang mencetak gol di 16 pertandingan secara beruntun.

Namun beberapa bulan berselang, Messi harus membagi gelarnya tersebut setelah pemain Athletic Bilbao Aritz Aduritz melakukan hal serupa.

Pemain Barcelona Lionel Messi (kiri) melewati sejumlah pemain Borussia Dortmund dalam pertandingan matchday kelima Grup F Liga Champions yang digelar di Camp Nou, Kamis (28/11/2019). [AFP]

3. Rekor baru di Liga Champions

Di tahun 2019, Messi juga membukukan rekor di Liga Champions. La Pulga tercatat sebagai pemain pertama yang mencetak gol di 15 musim kompetisi kasta tertinggi Eropa.

Catatan emas itu ditorehkan Messi usai menjebol gawang Slavia Praha di laga kedua Barcelona di fase grup. Dalam laga itu, Messi mengantar Barcelona meraih kemenangan pertama di fase grup setelah ditahan imbang Borussia Dortmund tanpa gol di laga perdana.

Pemain Barcelona Lionel Messi melewati sejumlah pemain Borussia Dortmund dalam pertandingan matchday kelima Grup F Liga Champions yang digelar di Camp Nou, Kamis (28/11/2019). [AFP]

4. Menjebol Gawang 34 Klub berbeda di Liga Champions

Messi menjadi pemain pertama di Liga Champions yang sukses mencetak gol ke gawang 34 tim berbeda di kompetisi kasta tertinggi benua Eropa itu.

Catatan emas itu diukir Messi setelah dirinya mencetak gol pertamanya ke gawang Borussia Dortmund di sepanjang kariernya.

Daftar 34 klub yang gawangnya dijebol Lionel Messi di Liga Champions (Sumber: Sportskeeda)

5. Peraih Penghargaan Ballon d'Or Terbanyak

Pemain Barcelona Lionel Messi saat memenangkan penghargaan Ballon d'Or 2019 di Chatelet Theatre, Paris, Perancis, Senin (2/12). [FRANCK FIFE / AFP]

Selama beberapa musim, Lionel Messi harus berbagi rekor dengan Cristiano Ronaldo sebagai peraih penghargaan Ballon d'Or terbanyak. Tapi di tahun 2019 catatan tersebut berubah. Messi kini menyingkirkan Ronaldo dari daftar peraih Bola Emas terbanyak di dunia.

Pada 2 Desember 2019, Messi diumumkan sebagai pemenang penghargaan bergengsi tersebut usai menyingkirkan dua kandidat lain, Cristiano Ronaldo dan Virgil van Dijk.

Load More