Galih Priatmojo
Reaksi penyerang Barcelona, Lionel Messi usai laga kontra Borussia Dortmund di leg pertama Grup F Liga Champions beberapa waktu lalu. [SASCHA SCHUERMANN / AFP]

Bolatimes.com - Barcelona akan melakoni matchday 5 Grup F babak fase grup Liga Champions 2019/2020 menjamu Borussia Dortmund, Kamis (28/11/2019) dini hari nanti pukul 03.00 WIB.

Laga dipastikan bakal sengit, mengingat pemenang partai ini akan menyegel tiket ke babak 16 besar.

Saat ini Barcelona masih memuncaki klasemen sementara Grup F dengan torehan delapan poin dari empat laga yang telah dilakoni.

Baca Juga:
Adam Alis Bawa Bhayangkara FC Taklukkan Arema FC

Sementara itu, Dortmund mengekor di peringkat kedua dengan raihan tujuh poin dari empat pertandingan.

Barcelona sendiri sejatinya hanya perlu satu poin lagi untuk mengamankan kelolosan ke fase gugur Liga Champions 2019/2020, dengan catatan Inter Milan gagal mengalahkan tuan rumah Slavia Praha di saat yang bersamaan.

Jika mampu meraih tiga poin alias meraih kemenangan dini hari nanti, Barcelona akan lolos sekaligus mengunci status juara Grup F.

Baca Juga:
Eden Hazard Cedera Saat Madrid Ditahan Imbang PSG, Ini Kata Zidane

Pada pertemuan pertama kedua tim 18 September 2019 lalu, Dortmund yang bertindak sebagai tuan rumah harus puas berbagi poin dengan Barcelona di Signal Iduna Park.

Saat itu, kiper nomor satu Barcelona Marc-Andre ter Stegen bak tampil kesetanan di markas Dortmund.

Kiper berdarah Jerman yang pernah membela panji Borussia Monchengladbach itu menjadi pahlawan Barcelona dengan melakukan sederet save gemilang, termasuk membendung penalti penyerang andalan sekaligus kapten Dortmund, Marco Reus.

Baca Juga:
Lawan Singapura, Indra Sjafri Pastikan Skuatnya Siap Tempur

Setelah laga matchday 1 Grup F tersebut, Barcelona menang di kandang dengan skor 2-1 atas Inter Milan, mengalahkan tuan rumah Slavia Praha 2-1, serta ditahan imbang 0-0 Slavia di Camp Nou.

Di sisi lain, setelah bermain seri tanpa gol dengan Barcelona di matchday pembuka, Dortmund menang 2-0 di kandang Slavia, lalu kalah 0-2 saat tandang ke markas Inter Milan, namun berhasil melakukan revans dengan menundukkan Inter 3-2 di Signal Iduna Park.

Fakta Menarik

Baca Juga:
Usai Bantai Thailand, Indra Sjafri Langsung Alihkan Fokus Hadapi Singapura

Barcelona sudah unbeaten alias tak terkalahkan dalam 34 laga kandang terakhir mereka di pentas Liga Champions (Menang 30, Seri 4, Kalah 0). Barcelona juga unbeaten dalam 28 laga kandang pamungkas mereka di semua ajang (Menang 24, Seri 4).

Barcelona juga tercatat sukses memenangi tiga laga kandang terakhir mereka melawan klub-klub Jerman, dengan menorehakan sembilan gol dan cuma kebobolan sebiji gol.

Di sisi lain, performa Dortmund tengah mengkhawatirkan yang membuat pelatih mereka, Lucien Favre kini under pressure.

Die Borussen --julukan Dortmund-- tanpa kemenangan dalam dua laga terakhir mereka dengan sekali kalah dan sekali seri, mencetak tiga gol dan kebobolan tujuh gol.

Yang juga perlu dicatat, Dortmund juga menelan empat kekalahan  dalam lima partai terakhir mereka melawan klub-klub Spanyol.

Team News

Barcelona dipastikan tanpa tiga pemain belakang utama mereka, Gerard Pique, Jordi Alba, dan Nelson Semedo untuk laga kontra Dortmund dini hari nanti.

Pique absen lantaran akumulasi kartu kuning, namun good news untuk Blaugrana --julukan Barcelona, bek tengah Samuel Umtiti sudah pulih 100 persen pasca absen panjang karena cedera kaki dan cedera lutut.

Ya, Umtiti telah tampil penuh selama 90 menit dalam dua laga terakhir Barcelona di pentas Liga Spanyol.

Sementara itu, Dortmund tidak akan diperkuat sang penyerang andalan, Paco Alcacer yang menderita cedera di laga lanjutan Liga Jerman kontra Paderborn akhir pekan lalu.

Selain Alcacer, Thomas Delaney, Marcel Schmelzer, dan Jacob Bruun Larsen juga diragukan tampil karena belum pulih total dari cedera masing-masing.

Form Domestik

Kedua tim punya form yang identik jika bicara lima laga terakhir di semua ajang. Ya, dari lima pertandingan pamungkas di semua kompetisi, Barcelona dan Dortmund sama-sama mencatatkan tiga kemenangan, sekali seri, serta sekali kalah.

Jika bicara form domestik, kedua tim juga sama-sama tampil kurang optimal di liga masing-masing pada akhir pekan lalu. Bedanya, Barcelona masih bisa menang di kandang musuh, sementara Dortmund hanya bisa main imbang di kandang sendiri.

Sempat tertinggal di babak pertama, Barcelona melakoni comeback untuk menang 2-1 atas tuan rumah Leganes lewat gol-gol Luis Suarez dan Arturo Vidal di paruh kedua.

Sementara itu, Dortmund secara mengecewakan ditahan imbang 3-3 oleh tim promosi Paderborn di Signal Iduna Park.

Prakiraan Susunan Pemain

Barcelona XI (4-3-3): Ter Stegen; Roberto, Lenglet, Umtiti, Junior Firpo; Arthur, Busquets, De Jong; Luis Suarez, Griezmann, Messi.

Pelatih: Ernesto Valverde (Spanyol)

Borussia Dortmund XI (4-2-3-1): Burki; Piszczek, Hummels, Akanji, Guerreiro; Witsel, Weigl; Sancho, Brandt, Thorgan Hazard; Reus.

Pelatih: Lucien Favre (Swiss)

Load More