Sabtu, 23 November 2019
Rauhanda Riyantama | Irwan Febri Rialdi : Senin, 04 November 2019 | 18:00 WIB

Bolatimes.com - Posisi Ernesto Valverde sebagai pelatih Barcelona sedang goyang setelah Lionel Messi cs dipermalukan 1-3 oleh Levante dalam lanjutan La Liga Spanyol 2019/2020, Sabtu (2/11/2019).

Tak sedikit fan yang menyuarakan agar Valverde mundur. Sebagai gantinya, Barcelona diminta mendatangkan mantan pemainnya yang kini menjadi arsitek Timnas Belanda, Ronald Koeman.

Ronald Koeman sukses mengangkat prestasi Belanda yang sempat menurun. Ia berhasil membawa Belanda menjadi finalis UEFA Nations League 2018/2019.

Secara keseluruhan, pelatih 56 tahun itu telah memberikan 10 kemenangan, empat kali imbang, dan empat kali kalah untuk Belanda dalam 18 pertandingan.

Ronald Koeman pun senang dengan rumor ke Barcelona. Terlebih, menjadi pelatih di Camp Nou adalah impiannya. Namun, mantan nakhoda Everton itu tidak akan meninggalkan Timnas Belanda, setidaknya hingga Euro 2020.

"Ini hanya tentang Barcelona dan juga tentang waktu setelah Euro. Saya tidak akan pergi sekarang, itu 100 persen pasti. Saya pikir sebagai pelatih tim nasional Anda sedang memasuki proses dan itu membutuhkan waktu dua tahun," kata Koeman, diansir dari Express.

"Setelah Euro 2020 ada momen evaluasi dan siapa tahu, KNVB (Federasi Sepakbola Belanda) mengatakan: 'Kita telah melakukan begitu buruk di Piala Eropa, kita tidak akan melangkah lebih jauh.' Maka kita tidak akan melangkah lebih jauh (melanjutkan kerja sama)," lanjutnya.

"Tetapi, saya memiliki kesempatan untuk pergi ke satu klub, dan hanya ada satu klub di dalamnya. Saya dapat dengan aman mengatakan bahwa saya tidak akan meninggalkan tim nasional Belanda untuk tim lain. Saya sudah cukup sering mengatakan bahwa (Barcelona) adalah klub impian saya," tutup Koeman.

Barcelona di bawah Ernesto Valverde saat ini masih meimpin klasemen sementara La Liga Spanyol dengan koleksi 22 poin dari 11 laga. Namun, perolehan itu disamai oleh Real Madrid yang hanya kalah dalam segi produktivitas gol.