Galih Priatmojo
Cristiano Ronaldo merayakan golnya ke gawang Ukraina. Sayang pada laga Kualifikasi Piala Eropa 2020 tersebut, Portugal kalah 1-2 atas tuan rumah Ukraina, Selasa (15/10/2019). [GENYA SAVILOV / AFP]

Bolatimes.com - Gol ke-700 Cristiano Ronaldo mewarnai rangkain laga Kualifikasi Piala Eropa 2020 yang dihelat hingga Selasa (15/10/2019) dini hari tadi. 

Sayangnya gol tersebut gagal memberi kemenangan bagi Portugal setelah takluk 1-2 saat melawat ke markas Ukraina, NSC Olimpiyskiy Stadium di Kiev.

Ronaldo menyumbang satu gol pada laga ini, yakni dari titik putih pada menit ke-72 setelah penggawa Ukraina, Taras Stepanenko dianggap menyentuh bola dengan tangannya di kotak terlarang.

Baca Juga:
Ini Balasan Sterling Usai Inggris Dihujani Cemoohan Rasis Suporter Bulgaria

Ronaldo sendiri merupakan pesepakbola keenam sepanjang sejarah yang mencapai raihan 700 gol dalam kariernya. 700 gol tersebut tentunya dihitung dari level klub dan juga pentas internasional.

Sebelumnya, lima pemain yang sukses mengukir rekor fenomenal tersebut adalah Josef Bican yang pernah membela Timnas Austria dan Cekoslowakia (kini terpecah menjadi Republik Ceko dan Slovakia), Romario dan Pele (Brasil), Ferenc Puskas (Hungaria dan Spanyol), serta Gerd Mueller (Jerman Barat).

Cristiano Ronaldo juga kini unggul 27 gol dibandingkan rival abadinya, Lionel Messi, yang kerap disebut-sebut sebagai dua pesepakbola terbaik generasi saat ini.

Baca Juga:
Wujud Peduli Tragedi Wamena dan Nduga, Persipura Bagi-bagi Ribuan Bunga

Ya, Messi saat ini 'baru' mengemas 673 gol sepanjang kariernya, baik di level klub maupun bersama Timnas Argentina.

Kembali ke Ronaldo, sayang seribu sayang, satu golnya pada laga dini hari tadi tak cukup untuk menghindarkan Portugal dari kekalahan.

Meski Ukraina harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-72, yakni setelah Taras Stepanenko mendapat kartu merah direct atas handsball-nya itu, Portugal praktis tetap tak bisa berbuat banyak.

Baca Juga:
Sempat Marahan karena Wanita, John Terry dan Wayne Bridge Kini Tetanggaan

Gol penalti Ronaldo, sesaat setelah pengusiran Stepanenko, hanya memunculkan harapan sesaat bagi tim tamu. Portugal akhirnya harus menyerah dengan skor 1-2 di Kiev.

Kemenangan atas Portugal sendiri memastikan Ukraina jadi tim pertama dari Grup B yang lolos ke putaran final Piala Eropa 2020.

Ukraina yang kini dilatih sang legenda Andriy Shevchenko, saat ini bertengger di puncak klasemen Grup B dengan koleksi 19 poin, dan tak mungkin lagi terkejar oleh Serbia (10 poin) yang menduduki peringkat ketiga dengan dua matchday tersisa di babak kualifikasi ini.

Baca Juga:
Pelatih Vietnam Mengeluh Hadapi Indonesia di Bali, Mengapa?

Sementara itu, Seleccao das Quinas --julukan Timnas Portugal-- (11 poin) kini wajib meraih hasil positif di dua laga tersisa jika ingin melaju ke putaran final.

Hasil Kualifikasi Piala Eropa 2020, Selasa (15/10/2019) dini hari WIB:

Moldova 0-4 Albania

Islandia 2-0 Andorra

Kosovo 2-0 Montenegro

Bulgaria 0-6 Inggris

Lithuania 1-2 Serbia

Ukraina 2-1 Portugal

Prancis 1-1 Turki

Load More